Budi Syukur Tak Berdaya, 2 Atlet Peraih Emas Papua Pindah ke Provinsi Lain

oleh -823 views

Padang,— Segala daya dan upaya sudah dilakukan Ketua Pengprov PASI Sumatera Barat S Budi Syukur, tapi apa daya, tetap saja dua atlet pengharum nama Sumbar pindah ke provinsi lain.

“Keduanya adalah andalan Sumbar, keduanya peraih medali emas PON Papua, akhirnya dengan berat hati mereka pindah ke provinsi lain, dua atlet emas itu Rafika Putra dan Fauma Depril Jumra, ” ujar S Budi Syukur kepada wartawan, Kamis 19/1-2023 di Padang.

Menurut Budi, dirinya tidak bisa lagi menahan atlet emas tersebut karena ini terkait dengan masa depan mereka.

“Pindahnya Rafika dan Fauma karena alasan masa depan, karena tidak kunjung ada masa depan di Sumbar, keduanya sudah pindah ke daerah lain. Dan dipastikan pada PON 2024 di sumut dan Aceh atlit ini tidak membela bendera Tuah Sakato lagi,” ujar Budi membatin dengan suara berat.

Selain alasan masa depan, pindahnya dua atlet peraih emas PON Papua ini untuk Sumbar juga alasan pembinaan, di daerah lain, mereka lebih terjamin.

“Cabang olahraga (Cabor) atletik termasuk Cabor yang atlet emasnya menjadi incaran daerah lain, ” ujar Budi Syukur.

Kata Budi pidah atlet ke provinsi lain sebelumnya juga sudah terjadi, yakni Yasfi Bobi peraih 2 medali emas PON Jabar,

“Lalu Aprilia kartika, Wahyudi Putra, Hendrik Marylonda,, semua atlit di atas pindah karena pekerjaan pasti dan demi masa depan mereka,” ujar S Budi Syukur.

Selaku Ketua Umum Pengprov PASI Sumbar, S Budi Syukur mengatakan tak bisa menahan Fauma dan Rafika

“Pesan saya kepada mereka, semoga di provinsi baru masa depan mereka lebih terjamin dan tetap harus berprestasi,” ujarnya.

Selain itu kepindahan dua atlet emas itu menjadi tantangan bagi Pengprov PASI Sumbar kedepan.

“Kita mulai lagi dari titik nol mempersiapkan penggati mereka untuk PON 2024,” ujar S Budi Syukur.

Budi menegaskan pembinaan di PASI Sumbar temasuk terbaik di Indonesia.

“Insya Allah masih banyak atlit-atlit yang saat ini dalam pembinaan , tersebar di 19 kabupaten dan kota. dan kami tetap optimis PON yang akan datang tradisi medali di PON selalu terpenuhi, mohon doa dan support masyarakat Sumbar,” ujar S Budi Syukur. (***)