Buku Biografi “Hendri Septa : Melayani Tiada Henti” Resmi Diluncurkan

oleh -840 views
oleh
840 views

PADANG – Sebuah buku biografi yang menceritakan riwayat kehidupan seorang Hendri Septa dari masa kecil hingga menjadi Wali Kota Padang resmi diluncurkan.

Peluncuran buku yang berjudul Hendri Septa: Melayani Tiada Henti” itu pun dilakukan secara meriah di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center, Rabu (27/12/2023) malam.

Dalam kesempatan itu juga hadir Prof. Dr. Phil. Gusti Asnan yang merupakan seorang akademisi dan sejarawan Indonesia dan juga guru besar ilmu sejarah pada Universitas Andalas (Unand).

Saat membedah buku tersebut sang profesor menilai isi buku penuh dengan inspirasi dari perjalanan kehidupan seorang pemimpin yang memiliki semangat juang tinggi, hingga akhirnya menemui kesuksesan dalam karirnya.

“Buku Hendri Septa: Melayani Tiada Henti ini mengajarkan kita tentang seorang pemimpin yang terus bekerja melayani setiap waktu kapan dan dimanapun. Begitu juga sosok pemimpin bersahaja, pekerja keras serta mencintai dan dicintai rakyatnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Padang Hendri Septa menyampaikan, tujuan diluncurkannya buku biografi ini bukan semata-mata untuk membanggakan diri atas pencapaian yang sudah diraih. Namun hal tersebut dimaksudkan mendedikasikan dirinya untuk Kemajuan Kota Padang tercinta.

“Saya berharap buku ini tidak saja bermanfaat bagi saya dan keluarga, tapi juga dapat memotivasi dan menyemangati masyarakat Kota Padang. Melalui peluncuran buku ini semoga akan ada banyak masukan dan pemikiran yang cerdas untuk memberikan motivasi bagi saya dalam menjalani kehidupan, terutama di masa memimpin Kota Padang,” ungkapnya.

Dalam buku setebal 240 halaman yang ditulis oleh Syamdani itu, menceritakan perjalanan kehidupan dari Hendri Septa kecil hingga memasuki dunia sekolah dan tumbuh besar di dalam binaan keluarga, dimana sang Ayah H. Muhammad Asli Chaidir merupakan seorang pengusaha sukses dan politikus. Sang Ibu Ny. Erliwatty merupakan ibu rumah tangga biasa, namun memberikan kasih sayang yang tak terhingga baginya.

Perjalanan politik Hendri pernah terpilih menjadi Anggota DPRD Kota Padang periode 2009-2024. Kemudian pda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Padang periode 2019-2024 terpilih sebagai Wakil Wali Kota Padang mendampingi Wali Kota Mahyeldi. Sebelas program unggulan (progul) pun diusung mereka berdua.

Waktu pun terus berjalan, Mahyeldi mengikuti kontestasi sebagai calon Gubernur Sumbar berpasangan dengan Audy Joinaldy. Nasib baik menghampiri pasangan Mahyeldi-Audy, mereka memenangi pertarungan dan pada tanggal 25 Februari 2021 resmi menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar periode 2021- 2024.

Dengan kekosongan Wali Kota saat itu, Hendri Septa kemudian mengendalikan Pemerintahan Kota Padang sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota. Tepat 7 April 2021 barulah pria bernama lengkap Hendri Septa, B. Bus (Acc), M.IB itu resmi menjabat Wali Kota Padang sisa masa jabatan 2019-2024.

Berjalan dua tahun lebih kepemimpinan sebagai Wali Kota Padang Hendri Septa sejumlah prestasi mampu ditorehnya. Baik dalam mewujudkan visi dan misi Kota Padang serta merealisasikan 11 progul kepada masyarakat.

Dengan motto pemimpin adalah pelayan rakyat dan melayani tiada henti Hendri mampu menjawab keraguan masyarakat akan kemampuan dirinya. Alhasil, 11 progul tercapai dengan baik sampai saat ini. Pembangunan di berbagai bidang terus berjalan, pariwisata dan ekonomi kerakyatan mampu bergerak berkat lecut tangannya.

Tak lama kemudian, Hendri Septa pun akhirnya mendapatkan seorang Wakil Wali Kota yang energik sesama politikus Partai Amanat Nasional (PAN) bernama Ekos Albar. Ekos yang memiliki basic pengusaha itu akhirnya dilantik oleh Gubernur Sumbar pada 9 Mei 2023 untuk melanjutkan sisa masa jabatan 2019-2024. Pekerjaan berat Hendri pun terbantu dengan keberadaan Ekos Albar.

Sampai akhir bulan Desember 2023 ini sangat banyak penghargaan yang diraih mereka berdua atau pun kinerja Pemko Padang yang diapresiasi oleh Pemerintah Pusat. Semua itu dipersembahkan adalah untuk masyarakat Kota Padang tercinta.

Di dalam peluncuran Buku Hendri Septa: Melayani Tiada Henti tersebut juga dihadiri oleh kedua orang tua Wali Kota Padang Hendri Septa yakni Anggota DPR RI H. Muhammad Asli Chaidir dan Hj. Erliwatty A beserta sang adik H. Dean Asli Chaidir serta anggota keluarga lainnya.

Kemudian sang istri Ny. Genny Hendri Septa yang juga Ketua TP-PKK Kota Padang bersama kedua orang tuanya Anggota DPD RI Leonardy Harmainy dan Ny. Ilya Rosa.

Selain itu juga terlihat Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar, Wakil Ketua DPRD Kota Padang Amril Amin, Kapolresta Padang Kombes Pol Ferry Harahap serta
Dandim 0312/Padang Letkol Kav Yudha Setiawan dan unsur Forkopimda Kota Padang lainnya

Juga hadir Sekdako Padang Andree H Algamar beserta para Asisten, kepala OPD hingga Camat dan Lurah se-Kota Padang.(**)