Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2023, Sutan Riska Tekankan Pentingnya Menanamkan Kesedaran Kesehatan Gigi Dari Usia Dini

oleh -1,540 views
oleh
1,540 views
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan membuka kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN). (/ist)

Pulau Punjung, – Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan membuka Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN), yang diselenggarakan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Dharmasraya di halaman kantor bupati setempat, Pulau Punjung, Kamis (30/11/2023)

Dalam sambutannya, Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) itu mengatakan, Kesehatan gigi dan mulut terutama gigi berlubang masih menjadi masalah di semua daerah. Pasalnya pada umumnya masyarakat menganggab Kesehatan gigi dan mulut bukan menjadi masalah serius.

“Padahal jika terjadi kerusakan gigi yang lebih lanjut maka dapat mengganggu Kesehatan secara umum dan juga mengganggu aktifitas sehari-hari terutama bagi pelajar,” ungkapnya.

Diterangkan, menurut Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) Tahun 2018, terdapat 57,6 persen orang Indonesia yang mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut. Sebanyak 94,7 persen mengatakan sudah menyikat gigi setiap hari, namun hanya 2,8 persen saja yang melakukannya dengan tepat yakni sebelum sarapan pagi dan malam sebelum tidur.

Dari permasalahan tersebut menurut Sutan Riska, diperlukan upaya terus menerus dan terpadu, yakni menanamkan kesadaran pentingnya menjaga Kesehatan gigi dan mulut melalui diseminasi yang dilaksanakan Pemkab Dharmasraya dan Stakeholder khususnya pada kegiatan BKGN ini.

Kedepan dirinya berharap, agar PDGI Dharmasraya dapat memberi bimbingan dan motivasi dalam rangka peningkatan kesehatan gigi dan mulut, secara berkesinambungan di sekolah-sekolah maupun di tengah masyarakat.

Sedangkan kepada Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya untuk dapat membuat program Kesehatan gigi kepada anak sekolah agar kesadaran menjaga kesehatan gigi dan mulut tertanam sejak usia dini.

“Mari kita tingkatkan semangat kepedulian, komitmen dan melakukan gerakan nyata pembangunan Kesehatan gigi untuk mewujudkan Senyum Indonesia, Gigi Kuat, Mulut Sehat,” ajaknya. (***)