Bupati dan Wabup Ikuti Rakor KDH Dengan Mendagri dan Menkes

oleh -42 views

Padang Aro – Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan mengikuti rapat koordinasi Kepala Daerah (KDH) secara daring dengan Menteri Dalam Negeri terkait penanggulangan Covid 19 masa perayaan Natal dan Tahun Naru (Nataru) di Ruangan Rapat Tangsi Ampek, Senin (27/12/2021).

Mendagri dalam arahannya menyebut beberapa strategi utama dalam penanggulangan pandemi Covid 19 pada Natal dan Tahun Baru (Nataru) dan penanganan varian omicron, yaitu penerapan protokol kesehatan 5M, terutama memakai masker, menghindari kerumunan, pengetatan kedatangan dari luar negeri dan himbauan untuk tidak keluar negeri, penegakan aplikasi peduli lindungi, penerapan PPKM berbasis level dan mikro.

Selain itu, antisipasi penyiapan fasilitas kesehatan, rumah sakit dan pusat isolasi terpusat. Yang terpenting adalah tersedianya tenaga kesehatan, kamar, obat-obatan.

Mengintensifkan tracing, testing dan memperbanyak screening untuk mendeteksi dini varian omicron.

Dalam rangka percepatan vaksinasi, target sampai 70 % sampai akhir tahun, mendorong target untuk lansia dan anak-anak usia 6 s/d 11 tahun.

Mendagri memerintahkan kepada Bupati/Walikota untuk menggerakan semua potensi/ kekuatan daerah dan pemerintah daerah (Forkopimda, BUMD, Ormas dll) menggiatkan vaksinasi serta diperlukan terobosan kreatif sesuai tantangan daerah masing.

Menteri Kesehatan menyebut bahwa data WHO mencatat varian omicron sudah terdeteksi di 117 negara di dunia, sebagian besar peningkatan terjadi di Eropa dan Amerika.

Terkait penularan varian omicron, varian ini menyebar lebih cepat dari pada varian delta. Penyebaran varian ini di Indonesia per tanggal 26 Desember 2021, dalam waktu 2 minggu, 46 kasus omicron terdeteksi di indonesia. 15 Orang diantaranya sekitar 32 6% merupakan pelaku perjalanan ke turki.

Menjawab arahan dalam Rapat Koordinasi Bersama Mendagri dan Menkes, Bupati Solok Selatan H Khairunas menyebut bahwa pemkab akan memberikan reward kepada Camat, Wali Nagari dan Kapolsek dan Koramil, Pimpinan Puskesmas, dengan capaian Vaksin tertinggi per 31 Desember 2021 di Solok Selatan berupa 1 unit Sepeda Motor.

Dalam Rakor ini, Bupati dan Wabup juga didampingi Sekdakab, Forkopimda, Kepala Dinas Kesehatan, Kalasa BPBD, Staf Ahli. (DISKOMINFO)