Bupati Hendrajoni Janji Bangun Kantor LKAAM Pesisir Selatan

oleh -121 views
Hendrajoni janjikan bangun gedung LKAAM representatif di Pessel, Jumat 3/7 (foto: yh)

Painan,—-Peran ninik mamak, penghulu, dan pemangku adat dalam pembangunan daerah sangat penting. Tidak saja untuk mendorong partisipasi, tetapi yang lebih penting adalah menjadi pionir dalam pembangunan karakter generasi muda di nagari.

Demikian diungkapkan Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni Datuak Bando Basau, ketika menerima Pengurus LKAAM (Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau) Pesisir Selatan periode 2020-2024, Kamis (2/7) siang di kantornya, Painan.

Menurut Bupati Hendrajoni yang juga seorang Datuk ini, karena pentingnya ninik mamak, maka saran dan pendapat ninik mamak serta pemangku adat ini sangat diperlukan dalam segala aspek pembangunan Pesisir Selatan ke depannya.

Dalam mendorong eksistensi LKAAM Pessel, maka Bupati Hendrajoni akan memfasilitasi dengan penyediaan kantor untuk sekretariat LKAAM di lingkungan Kantor Bupati Pessel. “Insya Allah nanti kita akan membangun Kantor LKAAM Pessel, juga Kantor MUI Pessel. Untuk sementara LKAAM bisa berkantor dulu di bangunan yang ada di lingkungan Kantor Bupati,” kata Bupati Hendrajoni, yang didampingi Sekda Pessel Ir. Erizon, MT dan Kabag Humas dan Protokol Pemkab Pessel Drs. Rinaldi, MM.

Pengurus LKAAM Pessel yang bersilaturahmi dengan Bupati dipimpin oleh Ketua Umum Drs. H. Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah, MM. Turut mendampingi Ketua Harian Jasril Jack Dt. Pintu Langik, SH., Sekum Ir. Syafri Herfindo Dt. Gamuak, Pengurus lainnya yang hadir adalah Ibnu Abas Dt. Bagindo Rajo Batuah, Azhar Nuri, BA Dt. Rajo Nan Putiah, Harwal Nurdin Dt. Rajo Johan, Ismail Djambak Dt. Rajo Bagampo, Arlin Dt. Tambijo, dan Syahril Djisad Dt. Rajo Dimudiak.

Menurut Ketum LKAAM Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah, dirinya memberi apresiasi kepada Bupati atas rencana pembangunan Kantor LKAAM ini. “Kami ninik mamak mendukung semua program Bupati dan Pemkab yang baik untuk kemajuan Pessel. Kami Ninik mamak siap untuk dilibatkan dalam pembangunan,” kata Syafrizal Ucok, yang sehari hari adalah Kadis PMD Sumbar.

Karena itulah, Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah meminta kesediaan Bupati Hendrajoni untuk hadir dalam Pengukuhan Pengurus LKAAM Pessel periode 2020-2024, yang rencananya dilaksanakan hari Kamis tanggal 16 Juli 2020. Diharapkan pada kesempatan itu Bupati dapat menyampaikan pesan, program strategis dan arahannya di hadapan seratus orang lebih ninik mamak, penghulu dan pemangku adat se Pesisir Selatan.

Diharapkan Ketua Umum LKAAM Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah, acara pengukuhan LKAAM berjalan lancar. “Kita segera komunikasikan dengan Ketua LKAAM Provinsi Sumbar, sehingga pengukuhan LKAAM ini dapat terlaksana sesuai rencana,” kata Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah. (*rilis: ayh)