Bupati Instruksikan Gerakan Peduli Pesisir Selatan, Pemkab. Solok Kirimkan Bantuan

oleh -630 views
oleh
630 views

Kab. Solok, – Bencana banjir yang terjadi di Pesisir Selatan beberapa waktu yang lalu, yang menyebabkan rusaknya infrastruktur, hilangnya harta benda, bahkan nyawa manusia, menjadi duka saudara-saudara kita dan juga duka kita bersama.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Solok melalui instruksi dari Bupati Solok, mengirimkan bantuan dan melaksanakan Gerakan Peduli terhadap saudara-saudara kita di Pesisir Selatan.

Pada Jumat 15/3-2024, di Halaman Kantor Bupati Solok, Arosuka, Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, Medison, S.Sos, M.Si melepas Tim Damkar Kabupaten Solok untuk berangkat ke Pesisir Selatan guna membantu saudara kita disana.

Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, Medison dalam arahannya mengatakan. “Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Saudara-saudara kita di Pesisir Selatan mengalami Musibah Banjir Bandang yang menyebabkan rusaknya beberapa fasilitas Jembatan, Jalan dan Infrastruktur akibat terendam banjir,” jelas Medison.

“Untuk itu Bupati Solok telah menginstruksikan kepada kita bersama agar melaksanakan Gerakan Peduli terhadap saudara kita yang ada di Pesisir Selatan,” sambungnya.

Medison menyampaikan, sebelumnya melalui Sekda telah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan terkait apa saja bentuk bantuan yang dibutuhkan.

“Dari hasil koordinasi tersebut Pemerintah Kabupaten Solok akan mengirimkan Bantuan berupa satu unit Mobil Damkar beranggotakan 30 orang personil, untuk Pembersihan sisa-sisa lumpur yang ada di sekolah, Masjid dan Mushalla, rumah-rumah warga dan fasilitas umum lainnya,” terangnya.

Selanjutnya Medison menambahkan, pada Minggu 17 Maret 2024 juga akan dikirimkan bantuan lanjutan alat berat berupa satu unit Eskavator untuk membenahi infrastruktur yang terdampak banjir.

Bupati Solok, kata Medison, pada hari Senin 18 Maret 2024 akan hadir langsung memimpin Tim Peduli dari Pemkab Solok guna menyerahkan bantuan bencana sebanyak lebih kurang 500 set Kompor gas, Sarung, Tikar dan bantuan lainnya.

“Kita juga menghimbau kepada seluruh ASN di Kabupaten Solok yang memiliki pakaian layak pakai untuk disumbangkan kepada saudara-saudara kita di Pesisir Selatan,” ujarnya lagi.

Medison mengharapkan bantuan tersebut sudah terkumpul melalui Dinas Sosial paling lambat Hari Minggu, 17 Maret 2024 di Islamic Center Koto Baru.

Turut hadir saat pelepasan tersebut, Asisten I Sekda Kab. Solok, Drs. Syahrial, MM, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, drg. Muswir Yones Indra, MM, Kasatpol PP dan Damkar, Elafki, S.Pd, MM, Kepala Disdukcapil, Ricky Carnova, S.STP, M.Si, Sekwan DPRD Kab. Solok, Zaitul Ikhlas dan Kabag Kesra Setda Kab. Solok, Mardaus, S.Ag, M.A.P.

Diakhir kegiatan Sekretaris Daerah secara langsung melepas keberangkatan Tim Damkar Kabupaten Solok berangkat menuju ke Pesisir Selatan dari Halaman Kantor Bupati Solok. (romi)