Bupati Padang Pariaman Luncurkan Program Beti Dewi Dari Kemenparekraf

oleh -13 views

Parit Malintang,- Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur hadiri peluncuran program Beli Kreatif Desa Wisata (Beti Dewi), yang digagas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

Peluncuran Beti Dewi dilaksanakan dalam kegiatan “The Weekly Brief With Sandi Uno” yang berlangsung secara hybrid di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin (21/11) yang lalu.

Suhatri Bur menyebut, bahwa program Beti Dewi ini sebagai tindaklanjut dan pengembangan dari ADWI, untuk mempromosikan paket wisata ke desa-desa wisata yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebagaimana diketahui, GTP Ulakan masuk dalam 50 Besar ADWI 2022 dan telah menyediakan paket-paket wisata yang juga akan dipasarkan secara online pada platform digital.

“Insya Allah langkah yang diambil oleh Kemenparekraf dapat membantu promosi wisata secara digital, mudah-mudahan program ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Padang Pariaman,” ungkapnya yang didampingi Kepala Disparpora M Fadhly.

Bupati Suhatri Bur yang juga didampingi Pengelola Desa Wisata GTP Ulakan Septiadi Kurniawan menyampaikan, sesuai dengan harapan Menparekraf Sandiaga Uno “Beti Dewi” merupakan program lanjutan dari ADWI. Dia menyatakan, program ini dapat mendorong tingkat kunjungan wisatawan ke desa wisata sehingga dapat terus mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja khususnya bagi masyarakat di kawasan wisata tersebut.

Lebih lanjut dia menerangkan bahwa Kemenparekraf/Baparekraf bekerja sama dengan salah satu online travel agent (OTA) yaitu Mister Aladin yang menyiapkan kanal khusus untuk paket-paket menarik ke desa wisata. Saat ini sudah terdapat 100 paket wisata di mana paket-paket tersebut diambil dari 50 desa wisata terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021 dan 2022.

“Dari 100 paket wisata yang dipromosikan itu, diantaranya 3 paket wisata di desa wisata GTP Ulakan,” tambahnya lagi menerangkan.
Hadir mendampingi Menparekraf Sandiaga S Uno, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Ni Made Ayu Marthini, dan sejumlah pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf yang hadir secara daring maupun luring.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Chief Operating Officer Mister Aladin Nitha Sudewo, Walikota Pariaman Genius Umar; Bupati Maros , Kadispar se Indonesia, dan Pengurus Desa Wisata. (**)