Cagub Mengerti Kebijakan Fiskal itu Reydonnyzar Moenek!!!

oleh -448 views
Masriadi Martunus sebut kemampuan fiskal Sumbar rendah butuh Gubenur yang mampu meramu meningkatkannya, untuk Sumbar sosok Donny Moenek pas, Kamis 18/7 (foto: dok/rmc)

Jakarta,—Anggapan jadi Kepala Daerah itu enak dan semuanya gamoang karena suda ada staf yang menyelesaiaikannya tidak sepenuh betul.

Justru jadi kepala sekolah itu figur multi talenta, termasuk cerdas menganalisa kebijakan fiskal daerah dan nasional.

Tapi kata Mantan Bupati Tanah Datar periode 2000-2005, Masriadi Martunus jika kemampuan fiskal rendah, bahkan ada yang sangat rendah.

“Solusinya perlu seorang gubernur yang mengerti dengan manajemen keuangan daerah. Sehingga masalah fiskal yang rendah itu bisa diatasi. Demikian disampaikan mantan Bupati Tanah Datar Masriadi Martunus, Kamis 18/7.

Persoalan fiskal, lanjutnya, menyangkut pengeluaran daerah yang harus seimbang dengan penerimaan, supaya tidak terjadi defisit anggaran. Lainnya, seperti pengendalian inflasi di daerah, sehingga tidak terjadi gejolak ekonomi yang membebani masyarakat.

“Untuk itu Gubernur Sumbar ke depan diharapkan orang yang mengerti dengan kebijakan fiskal, sehingga Sumbar yang kemampuan keuangannya terbatas, bisa terus membangun dan mengatasi setiap gejolak ekonomi yang ada,” ujarnya.

Tugas gubernur, atau bupati dan walikota, yang tak kalah penting lainnya adalah meramu sosial kapital yang telah mulai hilang. Yakni, bagaimana meningkatkan partisipasi masyarakat, dan pemangku kepentingan, bersama-sama bergotong-royong, bahu membahu untuk membangun daerah.

“Persoalan sosial kapital ini, perlu sentuhan seorang gubernur yang mampu meramu nilai-nilai yang selama ini tumbuh di tengah-tengah masyarakat. Kemudian diberdayakan, bergerak bersama membangun daerah,” imbuhnya.

Masriadi yang memimpin Kabupaten Tanah Datar dari tahun 2000 – 2005 itu, melihat Sekjen DPD RI Reydonnyzar Moenek merupakan sosok yang cocok menjadi Gubernur Sumbar ke depan. Kenapa?

“Keahliannya adalah mengenai kebijakan fiskal, dan menguasai ilmu pemerintahan, luar dalam,” pungkasnya.

Sekjen DPD RI Donny Moenek, sosok nan mengerti kebijakan fiskal.(foto: dok/rmc)

Reydonnyzar Moenek memang salah satu yang digadang-gadang menjadi Gubernur Sumbar ke depan. Putera daerah Lintau Kabupaten Tanah Datar itu mendapat banyak dukungan dari banyak pihak, karena kapasitas dan integritas mantan Penjabat Gubernur Sumbar itu, mumpuni.

“Kalau Sumbar ingin maju, dan mampu berbicara di tingkat nasional, maka Donny Moenek adalah pilihan yang tepat untuk memimpin Sumbar ke depan. Di samping mengerti dengan manajemen keuangan daerah dan tata pemerintahan, lobinya juga kuat ke pusat,” pungkas Masriadi. (rilis: rmc)