Caleg Gagal Terkena Gangguan Phisikis, HB Saanin Siap Mengobati

oleh -95 views
Rakor.persiapan Pemilu 2019, Pemprov Sumbar siapkan HB Sanin untuk rawat Caleg gagal Pemilu, terkena gangguan phisikis, Rabu 20/2 (foto: google/ sumbarprov)

Padang,—Caleg harus kuatkan mental, gagal terpilih bukan kiamat di kehidupan, tapi mengantisipasi gangguan phisikis Caleg gagal jangan khawatir, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar siapkan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) HB Saanin.

“Sumbar ada tujuh ribu Caleg. Se-Indonesia luar biasa banyaknya, dari sekian banyak itu tidak semuanya lolos. Pasti ada yang gagal sehingga kemungkinan ada yang kecewa bahkan stress. Maka, kita persiapkan RSJ HB Saanin Padang untuk penanganannya kepada pihak yang profesional membidanginya,” ujar Gubernur Sumbar Irwan Prayitno pada rapat koordinasi dan evaluasi kesiapan pelaksanaan pemilu serentak tahun 2019, Rabu 20/2 di Auditorium Gubernuran Sumbar.

Irwan Prayitno mengharapkan seluruh stakholder terkait dalam mensukseskan Pemilu 2019 yang sudah di depan mata perlu mematangkan kesiapan.

“Kita mesti menyiapkan segala sesuatunya dari sekarang untuk kesuksesan Pemilu pada 17 April mendatang,”ujarnya.

Dikatakan Irwan, persiapan tidak hanya dari kesiapan logistik saja. Tapi kesiapan lainnya, dari segi petugas, pihak keamanan, serta sosialisasi.

Ketua KPU Sumbar, Amnasmen mengatakan rapat kesiapan Pemilu 2019, pihaknya berkoordinasi dengan RSJ HB Saanin Padang.

“Tiap Pemilu kita selalu melibatkan RSJ HB Saanin. Apalagi, Pemprov Sumbar telah mempersiapkan RSJ HB Saanin,” katanya

Terpisah, Kepala Bagian Tata Usaha RSJ HB Saanin Padang, Taufik Hidayat mengatakan, pihaknya memiliki 314 kamar rawat inap. Dan, untuk fasilitas RSJ lengkap bagi yang nantinya membutuhkan penanganan intensif. Ada kamar kelas I, II, III dan VIP.

“Selain sarana kamar untuk pasien gangguan jiwa, RSJ juga memiliki SDM yang memadai,” ungkapnya.

Tambahnya, RSJ HB Saanin Padang tidak hanya menerima pasien dari Sumbar. Ada juga dari Jambi, Pekanbaru, Medan, dan lainnya.

“Makanya RSJ HB Saanin Padang selalu siap menampung pasien gangguan jiwa,” pungkasnya. (nov)