CAT FDB Institute, Sulit Tebak Cagub Kuat

oleh -224 views

Oleh: H Febby Dt Bangso              Founder FDB Institute                       

PENDAFTARAN calon gubernur (Cagub) dan calon wakil gubernur (Cawagub) usungan Parpol mulai menampakan warna. Malah Tim Cagub Independen Fakhrizal berpasangan dengan Cawagub Genius Umar juga sibuk entry KTP dukungan.

Dari nama tokoh yang beredar di pusaran Pilgub Sumbar 2020, untuk usungan Parpol ada sedikit pergeseran tokohnya, semakin kentara pasca beralihnya Ketua Gerindra Sumbar dari Nasrul Abit ke Andre Rosiade.

Selain itu Cagub berkhans besar mendapatkan Parpol Mulyadi menegaskan dari statmentnya, Anggota DPR RI tiga periode ini membutuh Cawagub yang punya partai, finansial dan elektabilitas.

Dari gambaran itu, tiga Paslon usungan Parpol satu Paslon maju di calon perseorangan sangat mungkin terjadi pada Pilkada Sumbar 2020.

Meski nama yang muncul masih tokoh itu ke itu saja, yang pasti itulah Paslon terbaik dihidangkan Parpol dan masyarakat kepada Pemilih Sumbar. Dari nama yang beredar cuman Edriana sslaku pendatang baru langsung jadi bintang karena satu-satunya bundo kanduang di pusaran Pilkada Sumbar 2020.

Dari orat-oret analisis FDB Institute empat Paslon Cagub-Cawagub Sumbar itu:

1. FAKHRIZAL- GENIUS UMAR (PERSEORANGAN/INDENDEN)

2. MULYADI- EDRIANA (GERINDRA-DEMORKAT)

3. NASRUL ABIT- SHADIQ PASADIQUE (PKB-PDIP-GOLKAR)

4. MAHYELDI ANSYARULLAH- ALI MUKHNI (PKS-PAN) 

Dari empat Paslon itu terus terang sampai akhir tahun tak satu pun yang menjadi calon kuat, apalagi sampai mengklaim memenangi Pilkada Sumbar 2020.

Terlalu pagi bicara itu, hasil berbagai survey diendus FDB Institute ternyata kisaran elektabilitas masih di bawah 30 persen, artinya masih butuh kerja keras, kerja cerdas dan biaya politik besar untuk meraup suara pemilih Sumbar.

Siapa yang gesit dan mampu memaintanance pemenangan maka itu punya khans menjadi Sumbar 1 dan Sumbar 2.

Selamat berganti tahun, ayo enjoy dan jadikan Pilkada Sumbar 2020 happy. (analisa)