Catatan Tercecer dari Mubes IKAFE, Indahnya Kekeluargaan, Ketum Terpilih Aklamasi

oleh -497 views
Mubes 6 IKAFE Unand, kental semangat kekeluargaan, Sabtu 6/7 di Padang (foto: panpel)

BANYAK orang menilai setiap musyawarah pasti berakhir votting dampak organisasi solid pun bisa pecah, atau setidaknya ada barisak sakit hati di dalamnya.

Tapi itu tidak terlihat sama sekali pada Munas Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi (IKAFE) Unand ke 6, pada Sabtu 6 Juli kemarin di Hotel Kryad Bumi Minang Kota Padang.

Justru nuansa kekeluargaan mengental sangat, meski yang hadir mulai alumni usia senja hingga yang baru tamat, mereka satu rasa bersilaturahim karena sama-sama pernah . menuntut ilmu di Fakultas Ekonomi Unand. Hasilnya adalah lanjutkan dan ketua umum terpilih secara aklamasi.

“Kental kekeluargaan di IKAFE, karena kita melepaskan status sosial, jabatan dan harta, yang ada, uda, kanti dan adiak, itu membuat suasana Munas ke 6 mencair dan sarat nilai kekeluargaan,” ujar SC Mubes IKAFE 6, sekaligus pimpinan sidang Muchsin AR berbincang dengan owner media ini, Kamis 11/7 di Veteran Padang.

Mubes IKAFE memang patut ditiru oleh banyak organisasi lain, karena kata Muchsin lebih mengedepankan suasana kebatinan yaitu silaturahim tadi ketimbang rivalitas dan senioritas.

“Semua berpikiran jauh kedepan karena paham karakter organisasi adalah silaturahim dan kekeluargaan, tidak ada perdebatan alot dan saling serang pribadi atau kelompok, hampir 400 peserta terlihat gembira di Mubes itu,”ujar Muchsin.

Ada beberapa komponen pemilik suara di Mubes IKAFE, DPP IKAFE, DPD IKAFE dan IKA Prodi yakni Akutansi, Manajemen, Studi Ekonomi Pembangunan dan D3 Ekononi.

SC MUBES IKAFE UNAND dinilai sukses jadikan Mubes sarar kekeluargaan. (foto: panpel)

Terus banyak peserta dan peninjau mengakui kalau kepiawaian pimpinan sidang Mubes sekaligus SC juga memastikan jalannya Mubes mulus.

Direktur Angkasa Pura II Novrihandri (tengah) kembali terpilih secara Aklamasi nakhodai DPP IKAFE (foto: panpel)

Ketua Umum terpilih Novrihandri keseharian bertugas sebagai Direktur di Angkasa Pura II dengan suara bulat dan pada sambuatnnya mengatakan siap.jalankan amanah dan menuntaskan kepemilikan asset IKAFE di Beringin Belanti Lolong.

“Ini PR kita semua kedepan, Insha Allah bersama maka semua cita-cita kita tercpai,”ujarnya

Semakin heboh dan penuh canda pada malam penututan Mubes panitia membuat seperti malam inaugrasi saat mahasiswa baru dulu di Fakultas Ekonomi. Apalagi ada doorpeize dengan hadiah menarik dan lucu, selamat bekerja ketua terpilih dan formatur Mubes, sukses.(owner)

Inilah Pimpinan Sidang MUBES IKAFE Unand Sabtu 6/7 di Padang. (foto: panpel)

Inilah Resume Mubes 6 IKAFE UNAND

1). Temu alumni dan Mubes IKAFE Unand dihadiri oleh sebanyak 327 orang dari Angkatan 60 an, 70 an, 80 an, 90 an, 20 an s/d 2010 an.

2). Mubes dibuka oleh Dekan Fak Ekonomi Unand ( P’ Dr.Harif Amali Rifai, SE. MSI, dihadiri oleh 179 orang Peserta ( 4 Perhimpunan Alumni Prodi yaitu Manajemen, IESP, Akuntansi, D.III, 9 Cabang/DPC, 3 Komisariat/DPK, sekaligus pemegang hak suara dalam pemilihan Ketum.

3). Agenda Utama Mubes adalah : LPJ DPP masa bakti 2016-2019, Membahas dan menetapkan AD/ART serta Pokok-pokok pikiran Organisasi, Memilih Ketum yang baru serta Formatur.
Mubes berjalan lancar penuh kekeluargaan ( tidak ada yang exclusive, semuanya inclusive ). Segala pangkat jabatan struktural alumni lepas selama Mubes, sebutan/panggilan/sapaan yg familier adalah Uda2/Uni2/Kanti2/Adiak2, sesekali terdengar juga panggilan Pak.

4. LPJ DPP Setuju dan Diterima oleh Peserta Mubes, AD/ART berhasil ditetapkan, Ketum terpilih secara aklamasi, yaitu Sdr NOVRIHANDRI/untuk kedua kalinya/2019-2023, Ybs se-hari2 salah seorang Direktur Angkasa Pura II Persero.
Formatur dipilih Forum Mubes sebanyak 7 orang mewakili semua unsur, yaitu :
Novrihandri Ketum/Ketua Formatur.
Anggota :
Mohidin Sadar/Manajemen.
Abdul Mulki/IESP
Azizul Hakim/Akuntansi
Dewi Yaunin/D.III
Amran/DPP demisioner
Harif Amali Rifai/unsur Fakultas.

Muchsin (kiri) pimpin prosesi penyerahan ketetapan Mubes kepada Ketua Umum Terpilih. (foto: panpel)

5). Mubes berhasil menelorkan 7 Ketetapan/Keputusan, yaitu :
-Taptus tentang Jadwal dan Tata Tertib Mubes.
-Taptus tentang Pimpinan Sidang Mubes.
-Taptus tentang LPJ DPP.
-Taptus tentang Pokok2 program kerja organisasi.
-Taptus tentang AD/ART
-Taptus tentang Ketum
-Taptus tentang Formatur.
Mubes selesai dan ditutup sekaligus diserahterimakan ke 7 Taptus tsb ( SK tertulis ) yg ditanda tangani oleh Pimpinan Sidang Mubes, kepada Ketum terpilih bersama Formatur.
Selesailah acara Mubes IKAFE Unand 2019, yg disertai dengan penyerahan dokumen/ taptus Mubes kepada Ketum bersama Formatur. (share: SC Mubes IKAFE)