Cegah Stunting : Pemberian Obat Cacing pada Balita di Nagari Muaro Pingai

oleh -227 views
oleh
227 views
Cegah Stunting
Mahasiswa UNAND aksi cegah stunting di Muaro Pingai Kabupaten Solok. (Sumber : Wardah)

DALAM upaya keras untuk cegah stunting pada anak-anak, sebuah inisiatif kesehatan yang menginspirasi telah dimulai di Nagari Muaro Pingai, Kabupaten Solok.

Pemberian obat cacing pada balita telah menjadi fokus utama dalam rangka memastikan pertumbuhan dan perkembangan anak-anak berjalan dengan baik.

Stunting, adalah kondisi ketika pertumbuhan fisik dan mental anak terhambat akibat kurang gizi, telah menjadi masalah kesehatan yang signifikan di berbagai wilayah pedesaan di Indonesia, termasuk di Nagari Muaro Pingai.

Dalam upaya menanggulangi stunting, Dinas Kesehatan Kabupaten Solok bekerja sama dengan para petugas kesehatan setempat dan komunitas Nagari Muaro Pingai untuk menyelenggarakan program pemberian obat cacing.

Program ini mencakup pemberian dosis obat cacing secara berkala kepada balita yang berusia 1 hingga 5 tahun. Infeksi cacing usus adalah salah satu penyebab utama stunting, dan dengan memberikan obat cacing secara rutin, diharapkan dapat mengurangi risiko infeksi ini pada anak-anak.

Bidan Yanti sebagai koordinator bidan antar jorong menjelaskan, “Kami sangat peduli terhadap masalah stunting di wilayah kami. Program pemberian obat cacing ini merupakan salah satu langkah preventif penting dalam memastikan anak-anak tumbuh dengan sehat dan cerdas. Kami juga memberikan edukasi kepada orang tua tentang pentingnya gizi seimbang dan praktik kebersihan.”

Orang tua dan wali balita di Nagari Muaro Pingai telah merespons program ini dengan antusias. Bu Ega, seorang ibu balita di desa ini, mengatakan, “Saya merasa lega bahwa ada perhatian serius terhadap kesehatan anak-anak kami. Pemberian obat cacing adalah langkah yang baik, dan kami juga diajari tentang pentingnya memberikan makanan bergizi kepada anak-anak kami.”

Program ini juga mendapat dukungan kuat dari wali nagari, Dodi Hermen, yang menyatakan, “Kami berusaha keras untuk mengurangi angka stunting di Nagari Muaro Pingai. Ini adalah tanggung jawab bersama kita untuk memastikan masa depan yang lebih baik bagi anak-anak kami.”

Selain pemberian obat cacing, Dinas Kesehatan juga merencanakan program kesehatan yang melibatkan penyuluhan gizi, pemeriksaan kesehatan berkala, dan imunisasi untuk balita. Semua ini bertujuan untuk menciptakan kondisi yang lebih sehat bagi anak-anak Nagari Muaro Pingai dan mencegah stunting menjadi masalah yang lebih besar lagi.

Program pemberian obat cacing ini merupakan bukti nyata dari komitmen kuat pemerintah dan masyarakat Nagari Muaro Pingai dalam mencegah stunting dan memastikan masa depan yang lebih cerah bagi generasi penerus mereka. (***)

 

Oleh: *Wardah Dalilah*, Mahasiswa UNAND