Cuaca Sumbar Ekstrem, Gubernur Relise Himbauan

oleh -627 views

Padang,—Tiga hari belakangan cuaca ektrem melanda Sumbar, bahkan di beberapa daerah sudah terjadi bencana banjir.

Menyikapi kondisi cuaca tak bersahabat itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengekuarkan warning dan menghimbau masyarakat untuk waspada.

“Masyarakat kita himbau untuk mewaspadai cuaca tak bersahabat ini,”ujar Irwan Prayitno dalam relise himbauannya diterima resaksi tribunsumbar.com, Jumat 6/1.

Menurut Irwan, ekstremnya cuaca Sumbar tidak terlepas adanya siklus tahunan

“Cuaca seperti ini diprediksi sampai awal Februari,”ujar Irwan.

Masyarakat Sumbar diminta mewaspadai kemungkinan terjadinya longsor dan banjir bandang di lokasi-lokasi yang dianggap potensial.

“Dan bagi masyarakat berkendara harus lebih ektra hati-hati, karena curah hujan sangat tinggi, jalanan licin dan mengaburkan pandangan,”ujarnya.

Dan kata Irwan, jika terjadi bencana banjir atau longsor, diharapkan masyarakat dan aparatmari saling bahu-membahu dan saling.

“Dan segera melaporkan kepada pihak terkait sesegera mungkin,”ujarnya.

Gubernur juga menekankan kepada penanggung jawab di lingkungan masyarakat, baik lingkungan Nagari, RT/ RW, Kelurahan, Kecamatan, serta Pemerintah Kota dan Kabupaten untuk proaktif melakukan pendataan titik rawan/ kritis banjir, longsong, pohon tumbang, dan kebakaran di lingkungan masing-masing.

“Dan sikahk masyarakat yang melihat dan mengalami bencana menghubingi nomor Telepon Darurat di Sumbar, BPBD Sumbar 0751-89072, Call Center Polisi 110 dan Damkar 0751-28558,”ujarnya. (Relise)