Dari Nol Bangun Kembali Padang Pariaman, Kini Jadi Luar Biasa

oleh
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menilai Padang Pariaman maju pesat pasca gempa 2009 saat berpidato pada Sidang Paripurna Istimewa DPRD Padang Pariaman memperingati Hari Jadi Kabupaten ke 186 di Aula Kantor Bupati di Parit Malintang, Jumat 11/1. (foto: humas-pdgprm)

Padang Pariaman,—Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengapresiasi kemajuan Kabupaten Padang Pariaman baik infrastruktur maupun Pelayanan Publik pasca gempa tahun 2009 yang lalu.

“Saya dan Pak Bupati Ali Mukhni sama-sama kepala daerah yang memulai bekerja dari nol, akibat Gempa 2009. Puluhan ribu rumah hancur, infrastruktur rusak berat dan pertumbuhan ekonomi turun. Alhamdulillah, sekarang sudah jauh lebih baik dan Padang Pariaman semakin maju,” ujar Irwan Prayitno saat menghadiri Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kab. Padang Pariaman memperingati Hari Jadi Kabupaten ke 186 di Aula Kantor Bupati di Parit Malintang, Jumat 11/1.

Orang nomor satu di Sumbar mengatakan pembangunan fenomenal adalah Tarok City. Kawasan Pembangunan seluas 697 hektar menjadikan Padang Pariaman sebagai pusat pendidikan di Sumbar.

“Tarok City luar biasa. Apresiasi kepada Bupati Ali Mukhni. Di sana akan berdiri beberapa kampus, rumah sakit vertikal dan Diklat” kata Gubernur dua periode ini.

Kemudian pembangunan Stadion Utama, Politeknik Pelayaran dan Asrama haji akan membawa multiplayer effect untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Pak Bupati ini kecil-kecil cabe rawit, tapi luar biasa terobosannya,”ujarnya.

Kekompakan duet Bupati Ali Mukhni dan Wakil Suhatri Bur, kata Irwan Prayitno juga patut dijadikan contoh. Artinya, komunikasi telah berjalan dengan baik untuk mencapai tujuan bersama.

“Padang Pariaman menjadi panutan kepala daerah yang harmonis dan sejalan,”ujarnya.

Begitu juga dengan layanan publik, Irwan berpendapat bahwa Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Padang Pariaman salah satu terbaik di Indonesia.

Gubernur Irwan Prayitno juga apresiasi DPRD, Sekda, OPD dan seluruh aparatur yang komitmen memberikan layanan terbaik untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Kemajuan Padang Pariaman tentu ini juga berkat dukungan anggota legislatif, Sekda dan jajaran yang bersungguh-sungguh bekerja untuk rakyat,”ujar Irwan mengakhiri.

Terima Kasih

Bupati Ali Mukhni mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat ranah dan rantau.

Pencapaian dan geliat pembangunan Padang Pariaman pasca gempa 2009, berkat keikhlasan bekerja untuk masyarakat karena mengharap ridho Allah SWT.

“Sembilan tahun yang lalu, daerah kita terparah dampak gempa, lalu kita bangkit bersama dan berdoa kepada Allah SWT, Alhamdulillah Padang Pariaman sudah jauh┬álebih baik,”ujar Ali Mukhni.

Pembangunan mega proyek nasional telah dan sedang berdiri megah dengan dana mencapai trilyunan rupiah. Seperti

Politeknik Pelayaran, Asrama Haji, MAN Insan Cendikia, Jalan Lingkar Duku-Sicincin, Jalan Tol dan Tarok City.

“Pada kesempatan ini, kami mohon kepada Bapak Gubenur dan DPRD Sumbar untuk lanjutan Jalan lingkar Duku-Sicincin sebelum Pembukaan MTQ Nasional Tahun 2020,”ujar Alumni Harvard Kennedy School di Amerika Serikat itu.

Terkait pelayanan publik, tambah Ali Mukhni, seluruh aparatur berkomitmen menjadi rakyat sebagai raja. Artinya tidak ada istilah pejabat, yang ada pelayan masyarakat.

“Kita punya tagline saatnya rakyat menikmati. Layanan publik yang berkuaalitas berbasis teknologi” ujar Ketum Alumni UNP itu.

Tokoh masyarakat Bagindo Muhammad Letter menyampaikan penghargaan kepada Gubernur Sumbar atas perhatian yang sangat tinggi kepada Kabupaten Padang Pariaman.

Berbagai pembangunan, kata Buya Letter, akan lancar bila ada dukungan penuh oleh Gubernur Sumbar.

Khusus pembangunan Tarok City, ia mengajak seluruh masyarakat dan mendoakan agar berjalan lancar.

“Terima kasih kepada Bupati yang telah merubah wajah Padang Pariaman. Teruslah berbuat yang terbaik, smg padang pariaman lebih baik dan masyarakat menikmati pembangunan” kata Ulama kondang Sumatera Barat itu.

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Padang Pariaman Ke 186 dihadiri oleh Gubernur dan Ibu Nevi Irwan Prayitno, Anggota DPR RI Refrizal dan Mulyadi, Anggota DPD RI Leonardy Harmainy dan Emma Yohana, Forkopimda Anggota DPRD Sumbar, Bupati Dharmasraya Sutan Riska, Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, Ketua PKDP Sumbar Ramal Saleh dan tokoh masyarakat dan undangan lainnya.(rilis: humas-pdgprm)