Dekatkan Layanan Kesehatan, RSUD dr Adnan WD Launching SMS Center

oleh -1,603 views
RSUD dr Adnan WD luncurkan SMS Center, Selasa 9/5.(foto: jentreal)
RSUD dr Adnan WD luncurkan SMS Center, Selasa 9/5.(foto: jentreal)

Payakumbuh,—Sadar untuk sehat tak hanya proaktif masyarakat, tapi institusi kesehatan juga harus berjibaku terutama mendekatkan layanannya ke masyarakat, manajemen RSUD dr Adnan WD Payakumbuh hari ini meluncurkan program SMS Center.

Program tersebut menindaklanjuti banyaknya pengaduan masyarakat terkait antrian. SMS Center merupakan program pendaftaran pelayanan di RSUD yang diluncurkan oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi bersama Direktur Utama RSUD dr. Adnan WD dr. Efriza Naldi, Sp.OG, Selasa, 9/5.
“SMS Center diadakan di rumah sakit ini sebagai sebuah solusi permasalahan yang sering terjadi di RSUD yang berlokasi di Jalan Ade Irma Suryani, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh,”ujar Efriza.
Menurut Efrizal Naldi, banyaknya pengaduan dari masyarakat dan bahkan sampai kepada Walikota Payakumbuh, membuat RSUD dr. Adnan WD berbenah dan terus meningkatkan kualitas pelayanan.
“Mulai hari ini, masyarakat bisa melakukan pendaftaran pelayanan melalui SMS Center yang kami luncurkan sebagai solusi permasalahan yang sering dikeluhkan. Masyarakat tidak perlu antri lagi dari Subuh dan berjam-jam dan bisa duduk di rumah untuk mengirimkan SMS,” ujarnya.
Untuk menikmati layanan tersebut, dr. Efrizal Naldi, Sp.OG yang akrab disapa dr. Ef ini juga menjelaskan bahwa masyarakat sebelumnya telah terdaftar sebagai pasien. Kemudian untuk proses pendaftaran atau pengiriman SMS Center dilakukan sehari sebelum melakukan pendaftaran pelayanan.
“Jadi masyarakat yang sudah pernah mendaftar di RSUD telah dapat menikmati layanan SMS Center ini. Bagi yang belum maka harus mendaftar dulu sebagai pasien di rumah sakit,”ujarnya.
Kemudian untuk pelayanan SMS Center ini hanya bisa dilakukan pada pukul 12.00 WIB sehari sebelum melakukan pelayanan hingga 06.30 besok hari.
“Format SMS, masyarakat dapat mengetik REG#NOMOR MR#NAMA#POLI YANG DITUJU#TANGGAL…,”ujarnya.
Terobosan ini diapresiasi Riza Falepi. “Ini bagian dari inovasi kreatif, saya berharap organisasi perangkat daerah lain yang banyak melayani masyarakat untuk bisa berinovasi dan improvisasi untuk memudahkan masyarakat mendapatkan layanan,”ujarnya. (jentrael)