Demi Menarik Kunjungan Pemudik, Wagub Audy Ajak Pemko Padang Panjang Berbenah Bersihkan Kota

oleh -28 views
Wb Sumbar Audy Joinaldi bersama Walikota Padang Panjang menyerahkan Bantuan Untuk Mesjid Al-Mutaqqin Silaing Bawah sebesra 50 jt, Jumat (22/4/22)

Padang Panjang–Menjelang lebaran hari Raya Idul Fitri 1443/Hijriyah, Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengajak Pemerintah Kota Padang Panjang hingga tingkat terendah, masyarakat dan pelaku usaha saling bersinergi menjaga keasrian lingkungan kota dan fasilitas umum, terutama menjelang dan selama Hari Raya Idul Fitri nanti agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik.

“Jangan sampai orang yang sudah lama gak mudik atau saudara kita di rantau pulang kampung menilai kampung halamannya terlihat tidak indah dipandang dan merasakan kurang nyaman”, kata Wakil Gubernur Audy Joinaldy saat memberi sambutan kegiatan kunjungan Safari Ramadhan di Masjid Al-Mutaqqin Silaing Bawah, Kota Padang Panjang, Jum’at (22/4/2022).

Selain itu ketika hal tersebut sudah rapi dan bersih dikatakan Audy, maka ini akan menjadi salah satu peluang ekonomi bagi masyarakat, khusus kota Padang Panjang. Apalagi Kota Padang Panjang dikenal dengan kota pariwisata, kota kuliner, kota pendidikan, kota transit dan sebuah kota one of the smallest cities in Indonesia (salah satu kota paling kecil di Indonesia).

“Dan merupakan kota nomor ketiga terkecil setelah Magelang. Dijuluki sebagai Kota Serambi Mekkah dan Mesir Van Andalas. Kota ini, kota terkecil di wilayah Sumbar, memiliki hawa yang sangat sejuk, masyarakatnya sangat ramah, dan ekonomi ikut tertumpang disini,” ucapnya.

Selain itu ia juga mengatakan Padang panjang terkenal dengan sapi perah, pemerintah provinsi sumbar melalui dinas peternakan dan kesehatan hewan telah membantu sapi perah sebanyak 20 ekor untuk di kembangkan di Padang panjang.

Juga dikabarkan saat ini Padang panjang tengah mempersiapkan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) akan menjadi tuan rumah di Tahun 2023, yang selama ini sudah tiga tahun lebih tertunda.

“Mungkin hal tersebut juga bisa dikolaborasikan antara pemko dengan pemrov demi memajukan Sumatera Barat kedepan, khususnya kota Padang Panjang,” harapnya.

Sementara itu Walikota Fadly Amran juga mengatakan bahwa Kota Panjang sudah dua kali dikunjungi oleh tim safari Ramadhan dari Provinsi Sumbar rombongan pertama dari sekretaris daerah provinsi Sumbar.

“Kami bersyukur Kota Padang Panjang ini banyak sekali mendapatkan perhatian dari Pemerintah Provinsi Sumbar, ada bantuan tentang ternak, ada susu sapi perah, ada bantuan bedah rumah maupun bantuan pembangunan masjid. Kita mengucapakan terima kasih dan apresiasi kepada Pemprov Sumbar semoga Bapak Wagub dan tim dari provinsi selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT hendaknya,” ucap Fadly.

Tidak hanya itu dikatakan Fadly Kota Padang Padang juga mendapatkan perhatian oleh pemerintah pusat. Terakhir kita mendapatkan batuan dari kementerian agama.

“Jadi sebenarnya baik itu pemerintah pusat maupun perintah provinsi InsyaAllah lain dan tak bukan hanyalah semata bekerja untuk masyarakat. Mudah-mudahan pertemuan malam ini tidaklah menjadi pertemuan terakhir, semoga kita terus membangun program keagamaan dan pendidikan beragama untuk masyarakat Sumbar yang Madani,” tutupnya.

Terakhir Wagub Sumbar didampingi oleh Walikota Padang Panjang menyerahkan Rp.50 juta dan kain sarung kepada pengurus masjid Al-Mutaqqin Silaing Bawah, semoga bantuan yang diberikan Pemprov Sumbar menambah keringan untuk pembangunan pemasangan gubah masjid.

Turut hadir, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdaprov Sumbar, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kalaksa BPBD, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Peternakan dan kesehatan Hewan, Kepala Dinas Kelautan dan perikanan, Kepala Bapenda, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Permukiman dan Pertanahan, Kepala Bagian Bina Mental dan Spiritual, dan jajaran OPD lingkup Pemko Padang Panjang, serta jamaah masjid Al-Mutaqqin. (**)