Desa Harus Bersih dari Narkoba

oleh -478 views
Mendesa PDTT Eko Putro Sandjojo bersama BNN bekerjasama pada gerakan desa bersih narkoba, Rabu 18/4 (foto: kemendesapdtt)

Jakarta,— Pemberantasan Narkoba terus digalakkan pemerintah. Untuk menangkal bahaya di desa-desa atau nagari di Sumbar, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) siap bekerja sama dengan Badan Nasional Narkotika (BNN).

Kedua lembaga ini sepakat untuk melaksanakan pemberantasan Narkoba di desa dengan gerakan desa bersih narkoba.

“Nanti kita bikin gerakan bersih narkoba. kita bina desanya sebagai langkah pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba,”ujar Mendesa PDTT Eko Putro Sandjojo saat menerima kunjungan silahturahmi Kepala BNN Komjen Heru Winarko di kantor Kemendes PDTT, Jakarta, Rabu 18/4.

Bukan Hanya gerakan desa bersih narkoba saja, Menteri Eko dikutip dari kemendesa.go.id juga minta kepada Komjen Heru Winarko agar BNN bersedia untuk melakukan tes bebas narkoba bagi setiap pegawainya agar di lingkungan Kemendes PDTT juga bersih dari Narkoba.

“Kita tambahkan lagi, kalau dalam seleksi kenaikan jabatan, pejabat di sini harus bebas narkoba,” katanya.

Untuk itu, terkait dengan tes narkoba di lingkungan Kemendes PDTT, Eko menyampaikan akan membuat payung hukum berupa Peraturan Menteri (Permen) agar BNN bisa menjalankan tugasnya dalam melakukan tes urine kepada pegawai di lingkungan Kemendes PDTT.

“Nanti kita siapkan Permennya (Peraturan menteri). Kita wajib tes urine secara berkala,” katanya.(*rilis)