Dewan Minta Nagari Simabur Utamakan Peningkatan Kesejahteraan Rakyat

oleh
Wali Nagari Simabur Zulbahri menyerahkan rencana pembangunan nagari kepada Staf Ahli Bupati Ermon Reflin usai Musrembang (foto: fantau)

Batusangkar,—Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Saidani mengharapkan rencana pembangunan Nagari Simabur, Kecamatan Pariangan hendaknya mengutamakan pengembangan usaha kecil menangah (UKM) dan industri rumah tangga dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Besarnya anggaran yang dikelola pemerintahan nagari saat ini hendaknya dapat digunakan untuk pengembangan produksi rumah tangga seperti kerupuk dakak-dakak, kacang goreng, kerupuk lainnya,” kata Saidani pada acara Musrenbang Nagari Simabur, Kecamatan Pariangan, Kamis 21/2.

Ia menyebutkan dana miliaran rupiah yang masuk ke nagari hendaknya dapat menyelesaikan persoalan yang yang dihadapi masyarakat seperti masalah permodalan UKM, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan sumberdaya manusia.

Wali Nagari Simabur Zulbahri menyampaikan beberapa rencana program prioritas pembangunan nagari berupa pembangunan jalan rabat beton, jalan nagari, irigasi, pembangunan MCK masjid, dan pelatihan dan pendidikan untuk pemberdayaan masyarakat dan perempuan.

Musrenbang ini untuk mengetahui kebutuhan masyarakat terhadap program pembangunan prioritas yang ingin dicapai sehingga mampu meningkatan kesejahteraan masyarakat Nagari Simabur.

Kemudian Staf Ahli Bupati Tanah Datar Ermon Reflin mengharapkan Musrenbang Nagari dapat mempertimbangkan segala aspek serta prioritas kebutuhan dalam pelaksanaan pembangunan sehingga program pembangunan memang dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Ikut hadir dalam musrenbang Anggota DPRD Tanah Datar Afriman, pimpinan OPD, Camat, para wali nagari, dan tokoh masyarakat setempat. (fantau)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *