Dewan Pimpinan Nasional Peradi Berikan Penghargaan kepada Peradi Padang

oleh -873 views
oleh
873 views

Surakarta— Kegiatan Peradi Goes to School (PGtS) yang diinisiasi dan digelar oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Peradi Padang sejak setahun yang lalu mendapat apresiasi dari Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi. Piagam apresiasi diserahkan langsung oleh Ketua Umum DPN Peradi Prof. Dr. Otto Hasibuan, S.H., M.M. pada penutupan Rapat Kerja Nasional Peradi di Hotel Alila Solo, Jum’at malam, 8 Desember 2023.

Dalam sambutannya, Ketua Umum DPN Peradi Otto Hasibuan menyampaikan apresiasinya atas konsistensi DPC Peradi Padang kepemimpinan Miko Kamal, S.H., LL.M., Ph.D melaksanakan PGtS.

“Kegiatan PGtS yang dilaksanakan oleh DPC Peradi Padang pantas diberikan penghargaan. Ini merupakan bakti nyata advokat kepada masyarakat. Kegiatan ini harus jadi contoh bagi cabang-cabang lain untuk menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Setelah ini, mungkin cabang lainnya melakukan hal serupa, misalnya Peradi Goes to Campus. Yaitu, memperkenalkan advokat dan organisasi advokat secara lebih awal kepada mahasiswa, terutama mahasiswa fakultas hukum”, kata Otto.

Ketua DPC Peradi Padang Miko Kamal, S.H., LL.M., Ph.D menyampaikan rasa syukur atas piagam apresiasi yang diberikan oleh DPN Peradi kepada DPC Peradi Padang.

“Kami dari DPC Peradi Padang sangat bersyukur atas piagam apresiasi yang diberikan oleh DPN Peradi. Ini adalah hasil kerja keras dari semua pihak di jajaran pengurus dan anggota DPC Peradi Padang yang meluangkan waktu menyelenggarakan kegiatan sosial ini. Mudah-mudahan piagam apresiasi ini tambah menyemangati kawan-kawan pengurus dan segenap anggota Peradi Cabang Padang untuk berkontribusi kepada masyarakat dalam upaya mewujudkan warga taat hukum”, kata Miko.

Miko menambahkan: “PGtS merupakan ide original dari Peradi Cabang Padang yang dimulai pada tanggal 4 Oktober 2022 di SMA Negeri 1 Padang. Sampai saat ini, PGtS sudah digelar sebanyak 30 seri (angkatan) di 35 sekolah (SMA Negeri, SMK Negeri, Madrasah Aliyah negeri dan swasta) di kota Padang tanpa memungut bayaran”.

“Untuk saat ini, PGtS baru digelar di kota Padang karena menyangkut teknis pembiayaan. Dan DPC Peradi Padang sudah mengusulkan kepada DPN Peradi untuk ikut berkontribusi membiayai penyelenggaraan PGtS terutama kegiatan yang akan diselenggarakan di luar kota Padang. Selama ini, pembiayaan PGtS di kota Padang ditanggung oleh DPC Peradi Padang, dari dana organisasi dan donasi pengurus dan anggota”, lanjut Miko.

Miko juga menambahkan bahwa PGtS ini merupakan bentuk partisipasi advokat dan Peradi dalam upaya mewujudkan masyarakat taat hukum. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat beserta jajaran, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat beserta jajaran, dan para kepala sekolah dan pengurus yayasan yang sudah menjalin kerja sama dengan Peradi Cabang Padang dalam penyelenggaraan PGtS.