Di Pulau Pinang dan Kedah Malaysia, UNP Jalin kerjasama dengan 7 Institusi Pendidikan

oleh -826 views
oleh
826 views

Padang–Dalam rangka peningkatan reputasi internasional UNP dalam World Class University, tim UNP yang diwakili oleh Prof. Dr. Afdal, M. Pd. Kons (Dekan FIP UNP) dan Prof. Dr. Firman, M.S., Kons. (Koord Prodi S2 S3 BK FIP UNP) melakukan kunjungan kerja ke Negeri Pulau Pinang dan Kedah, Malaysia pada 3-5 Desember 2023. Kunjungan kerja dimaksud pada awalnya dalam rangka pertukaran Nota Kesepahaman (MoU) dengan AlHady Centre Kerajaan Pulau Pinang dan

Kolej Islam Teknologi Antar Bangsa (KITAB) yang dhadiri Timbalan Ketua Menteri Pulau Pinang (Pembangunan Agama Islam, Pendidikan, Pengajian Tinggi dan Perpaduan Masyarakat negeri), Dato Dr Mohammad Abdul Hamid di hotel AC Hotel by Marriot Pulau Pinang, akhirnya melakukan berbagai aktivitas kerja sama dan impelementasi dengan berbagai institusi strategik di dua Negeri Malaysia, yakni Negeri Pulau Pinang dan Negeri Kedah.

Pagi hari, dilangsungkan pertukaran MoU serta pengimplementasian dengan KITAB dan Allhady Centre dengan menjadi narasumber pada Seminar Internasional Quran dan Teknologi, dengan tajuk pembentangan “Peranan Teknologi dalam Perkhidmatan Kaunseling menurut Perspektif Islam” oleh Prof. Afdal dan Prof. Firman.

Selepas pertemuan implementasi dimaksud, tim melakukan gerak cepat untuk mendatangi Universiti Sains Malaysia (Peringkat 137 Dunia) untuk melakukan perjanjian kerjasama dengan Dekan School of Educational Studies, Assoc Prof. Dr. Rahimi Che Aman, dan team di ruang  sidang Fakultas setempat. Dalam pertemuan disepekati berbagai aktivitas implementasi yang akan dselenggarakan pada Juni Juli 2024, diantaranya teaching collaboration, riset dan publikasi bersama, pelaksanaan pengabdian bersama, pengembangan kurikulum serta aktivitas aktvitas tridharma perguruan tinggi untuk program studi Sarjana Pendidikan Luar Biasa, Sarjana Pendidikan Dasar, Magister dan Doktor Bimbingan dan Konseling,serta Doktor Kependidikan yang didasarkan pada MoU antara UNP dan USM sebelumnya.

Pada pukul 4 petang waktu setempat, tim melakukan perjalanan ke Kedah untuk melakukan Perpanjangan MoU dengan Universiti Islam Antarabangsa Sultan Abdul Halim Muadzam Shah (UniSHAMS) Kedah, yang diterima oleh Timbalan Naib Canselor, Prof. Madya Dr. Muhammad Nasri bin Md. Hussain. Dalam perbincangan yang hangat ini sudah disampaikan bahwa selama ini implementasi sudah dilakukan di Fakultas Ilmu Pendidikan, yakni dalam program short course, pertukaran dosen, konferensi dan publikasi bersama. Dalam pembicaraan implementasi perpanjangan nantinya akan diperluas ke Fakultas lain, mengingat UNIShams juga memiliki Fakultas yang sama dengan UNP seperti Fakultas Ekonomi, Fakultas Pariwisata, Kedokteran, Teknik dan Sains. Turut hadir dalam pertemuan beberapa pejabat dan pensyarah dari UNIShams yakni Prof. Ahmad Rozelan, Dr Suhadi dan Dr. Zaidi serta pejabat lainnya.

Sore hari tim juga melakukan perjalanan untuk melakukan MoU dengan Organisasi Sekolah Sekolah dibawah Negeri Kedah (membawahi lebih 180 sekolah), yang dapat dijadikan tempat untuk praktik/magang kependidikan mahasiswa tingkat usia dini, dasar dan menengah, sehingga nantinya mahasiswa UNP memiliki pengalaman program luar negeri. Dalam sambutan yang hangat di Gurun Kedah, Prof. Afdal juga mengundang siswa siswa program tahfidz di Kedah untuk menjadi mahasiswa di UNP dengan program studi yang beraneka ragam, termasuk didalamnya adalah kesempatan untuk mendapatkan Full Scholarship dari UNP. Ustad Hadi, salahseorang pengurus SMITI At Taqwa Sg. Bongkok Gurun, Kedah menyampaikan bahwasanya ini adalah inisiatif pertama untuk menjalin kerjasama masukan siswa dari luar negara yang dilakukan oleh Universitas Luar Malaysia. Dia berharap banyak program yang dapat dikolaborasikan termasuk jaminan akan penyediaan tempat dan penginapan bagi mahasiswa UNP yang akan melaksanakan Praktik Lapangan di Sekolah Sekolah Kedah. Ketika dikonfirmasi oleh wartawan, lebih dari 180 sekolah dibawah koordinasi Ustad Muhammad telah bersedia menjadi tempat magang kependikan luar negara mahasiswa UNP termasuk program program pengembangan guru yang dapat dilakukan oleh dosen UNP dalam skema pengabdian masyarakat internasional.

Dalam pidato penutupan, Prof. Afdal kembali menegaskan bahwa UNP memiliki komitmen yang tinggi dalam mencapai Universitas Berkelas Dunia  melalui kolaborasi dengan berbagai pihak. Hal ini tidak terlepas dari perhatian dan keseriusan Prof. Ganefri, Rektor UNP, beserta jajaran pimpinan UNP lainnya untuk selalu meningkatkan kualitas UNP disaat perguruan tinggi lain juga berlomba melakukan hal yang sama.