Dialog Kedjajaan Bangsa Hebat, Moderatornya Luar Biasa

oleh -809 views
Dekan Fakuktas Teknik Unand Padang Insannul Kamil mampu dan hebat hidupkan diskusi Dialog Kedjajaan Bangsa DPP IKA Unand, Jumat 4/5 lalu (foto: toaik)

Padang,—Hebat dan luar biasa, itulah gelaran Diskusi series Dialog Kedjajaan Bangsa DPP IKA Unand Jumat 4/5 lalu.

Peserta melimpah yang didominasi wartawan di Padang, juga narasumber yang hadir sangat berkompeten, ada Anggota DPR RI Alex Indra Lukman, Senator DPD RI Nofi Candra, Dirut PT Semen Padang Yosviandri, Ketua Kadin Sumbar Ramal Saleh dan Kadis PUPR Limapuluh Kota, Yunire Yunirman.

Tapi luar biasanya Dialog Kedjajaan Bangsa Jumat kemarin itu tidak bisa lepas dari penguasa diskusi hari itu yakni sang moderator, Dekan Fakultas Tekni Unand Padang, Insannul Kamil.

“Luar biasa moderatornya mampu mengelaborasi diskusi, sehingga tiga clip yang disajikan Pak Nanuk (biasa Insannul Kamil dipanggil,-red) membuat dialog ini menarik dan sangat mencerahkan serta informatif sekali,”ujar peserta diskusi Joni Halim, usai dialog, Jumat sore, di Sikola Cafe Sekretariat DPP IKA Unand, Jalan Kismangun Sarkoro Padang.

Tak hanya itu moderator pun menafikan tanya jawab, dan tidak membuat peserta protes.

“Apa yang akan kita pertanyakan sudah ditolong oleh pak moderator, sehingga menulis dalam berita jadi enak dan narasumber menyampaikannya pun mudah dipahami,”ujar Robbie wartawan yang mengikuti diskusi hingga akhir.

Bahkan banyak peserta mengharapkan model moderator seperti Insannul Kamil yang bisa menghidupkan diskusi.

“Aku yakin kalau pak Nanuk yang menjadi moderator pasti forum-forum diskusi hidup,”ujar Iwan takjub.

Insanul Kamil memang luar biasa, Dekan Fakultas Teknik Unand ini mampu mengelaborasi, kadang cuitan tanyanya tajam dan menukik, acap narasumber tergagap dibuatnya.

“Ah biasa saja, kuncinya kita mengusai topik utama diskusi lalu menyampaikannya dengan bahasa yang mudah dicerna oleh banyak orang, apalagi audien di Dialog Kedjajaan Bangsa kemarin beragam latar belakang, selain itu paham dengan cara narasumber, itu kunci diskusi nyambung, kunci lainnya banyak membaca,”ujar Insannul Kamil berbagi tips.

Sedangkan Koodintor Tim Dialog Kedjajaan Bangsa DPP IKA Unand Padang, Adrian Tuswandi mengaku puas dan salut kepada moderator.

“Kalau moderatornya Pak Nanuk saya optimis diskusi akan meriah dan menarik,”ujar Adrian. (wandi)