Diawali Basurah Adat, 8 RW dan 43 RT Kampung Lapai Di Lantik

oleh -59 views

Padang,- Sebanyak  8 Ketua RW dan 43 Ketua Rukun Tetangga (RT) serta Ketua kelompok PKK se kelurahan Kampung Lapai, Kec. Nanggalo, Kota Padang, hari ini dilantik  Sabtu (8/1/2022) di PAUD Amanah, Wisma Indah II Lapai, Padang, Acara berlangsung meriah dan Semarak. Namun warga kecewa, Walikota Padang Hendri Septa tak hadir tanpa ada yang mewakili. Sedangkan Camat Nanggalo diwakili Ishak.

Padahal, panitia pelantikan telah mengemas acara dengan apik dan meriah, termasuk menyediakan gerai makan dan minuman untuk sarapan para tamu dan undangan.

Acara pelantikan diawali dengan prosesi pasambahan adat dari kelompok Basurah adat Kelurahan Kampung Lapai di bawah binaan Ketua LPM Kampung Lapai, Sonny Afandi, ST.

Ketua dan pengurus RW dan RT yang dilantik oleh Lurah Kampung Lapai Yos Deki, S.Sos, merupakan hasil pemilihan serentak pada November 2021 lalu. Pada kesempatan itu sekaligus dilakukan serah terima jabatan masing masing Ketua RW, RT dan PKK periode Januari 2022 sampai Desember 2024.
Dari penduduk Kampung Lapai sekitar 9 ribu jiwa, banyak hal yang bisa dibuat. Apalagi semua RW dan RT dapat berkolaborasi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selagi kita bersama, tidak ada berat yang tidak bisa kita pikul,” kata Lurah Yos Deki.

Yos Deki yang sudah hampir 5 tahun menjabat Lurah Kampung Lapai, menyatakan bahwa PKK Kelurahan Kampung Lapai, menjadi juara I tidak hanya tingkat Kota Padang, tapi juga tingkat provinsi.

“Ini patut kita apresiasi. Bahkan masjid kini sudah 9 dari 7 sebelumnya. Dalam waktu dekat kita menggelar Musrenbang. Ini kesempatan bagi RT dan RW untuk menyampaikan programnya,” ucap Yos Deki dalam acara yang juga dihadiri Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang, Mastilizal Aye.

Sementara itu Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Kampung Lapai, Sonny Affandi, ST, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemilihan Ketua RT dan RW secara serentak, hanya di Kampung Lapai satu-satunya yang melaksanakan di Kota Padang, bahkan tingkat Provinsi Sumbar.

“Ini kesuksesan yang berhasil diraih oleh Kelurahan Kampung Lapai. Termasuk beberapa lomba tingkat Provinsi Sumbar, dimana Kelurahan Kampung Lapai tampil sebagai pemenang,” ucap Sonny.

Sebagai Ketua LPM, Sonny mengaku kecewa dengan ketidak hadiran Walikota Padang, Hendri Septa, yang sebelumnya saat dikonfirmasi menyatakan siap hadir.

“Saya sangat kecewa dengan pak walikota Hendri Septa. Dari kali acara besar tingkat kelurahan di Kampung Lapai, baru sekali Wako Hendri Septa hadir, yakni saat peresmuan Masjid Baiturahim. Sedihnya, tanpa ada yang mewakili,” tegas Sonny.
Ketua PKK Kampung Lapai, Nozola menyampaikan bahwa peran kader-kader PKK dalam pembangunan, tidak dapat dielakkan. Apalagi dalam menunjang kesuksesan tugas RT dan RW.

Data dari Puskesmas Kampung Lapai, lanjut Nozola, Stunting Balita Kampung Lapai sangat memprihatinkan. Ada 23 balita yang mengalami stunting, yakni bertumbuh kecil dan pendek. Termasuk angka kematian ibu hamil dan bayi.

“Karena itu, PKK Kampung Lapai dengan 10 program pokok PKK akan berupaya mengatasi hal itu, tentunya dibutuhkan peran dan dukungan dari kelompok PKK di tingkat RT dan RW sebagai lingkungan terdekat dengan warga,” ujar Nozola.

Mewakili Camat Nanggalo, Ishak, SH, mengapresiasi prosesi pelantikan Ketua RW dan RT se Kelurahan Kampung Lapai. Meski tanpa dibiayai APBD, acara berlangsung semarak.

“Luar biasa. Inilah pelantikan RW dan RT serasa pelantikan Walikota. Kondisi ini tak terlepas dari peran dan partisipasi Ketua LPM Kampung Lapai, termasuk pembangunan Kantor Lurah Kampung Lapai,” ucap Ishak.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang, Mastilizal Aye dalam sambutannya, menjanjikan akan memberi perhatian pada Kelurahan Kampung. Hampir dua tahun diamanahkan menjadi anggota DPRD Kota Padang, telah bantuan dari dana pokir untuk sejumlah kelompok masyarakat dan infrastruktur di Kelurahan Kampung Lapai.

“Kepada ketua-ketua RW, RT dan kelompok PKK yang baru dilantikan, silakan siapkan program dan serahkan proposalnya pada saya. Saya akan upayakan untuk mengakomodirya lewat program yang ada di semuq OPD Pemko Padang,” harap Aye sapaan akrab Ketua PSSI Kota Padang ini.

Acara pelantikan juga dihadiri ratusan undangan tokoh masyarakat Kampung Lapai, dan Forkopimka Nanggalo. (ms/ald)