Dimulai 14 Maret 2024, Hendri Septa Canangkan Program Pesantren Ramadhan 1445 H. 

oleh -574 views
oleh
574 views

Padang,— Wali Kota Padang Hendri Septa secara resmi meluncurkan program Pesantren Ramadhan 1445 H, yang rencananya bakal dimulai pada 14 Maret 2024 ini.

Peluncuran ini dilakukan bersamaan dengan wirid bulanan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Padang, di Masjid Nurul Iman, Jumat, (1/3/2024).

Hendri Septa mengatakan, bahwa program Pesantren Ramadhan telah berlangsung selama 20 tahun. Pesantren Ramadhan menjadi kegiatan rutin setiap tahun yang merupakan pengganti jam belajar di SD dan SMP.

“Pesantren Ramadhan tahun ini akan berakhir pada 5 April yang ditandai dengan i’tikaf bersama di masjid dan mushalla. Program pesantren Ramadhan tahun ini menekankan pada kompetensi dasar keagamaan dan kompetensi khusus generasi muda yang berakhlak,” tuturnya.

Hendri Septa berharap, melalui pesantren Ramadhan ini dapat membangun pemahaman dan penerapan nilai agama dan nilai budaya, sesuai dengan falsafah Minangkabau, Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

“Kami mengharapkan dukungan dan kerjasama dari seluruh komponen masyarakat, terutama para orang tua untuk menyukseskan pembangunan di sektor pendidikan, khususnya melalui pesantren Ramadhan,” pungkas Hendri Septa.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Kota Padang Jasman menyebutkan, tema pesantren Ramadhan tahun 2024 ini adalah, “Melalui Pesantren Ramadhan Wasilah Melahirkan Kepemimpinan Islami pada Generasi Muda di Kota Padang.

“Peserta yang akan mengikuti pesantren Ramadhan yaitu tingkat SD/MI kelas 4 sampai kelas 6, kemudian siswa SMP/MTs, dan tingkat MA, yang melibatkan sebanyak 80.372 pelajar dan 1.800 masjid/musala,” ucapnya.

Turut hadir dalam pencanangan pesantren Ramadhan ini unsur Forkopimda Kota Padang, ASN di lingkungan Pemerintah Kota Padang, Pengurus BKMT, dan pelajar se-Kota Padang.