Dirjen BPU Mahkamah Agung Letakan Batu Pertama Pembangunan Surau Ar Rahman

oleh -85 views
Dirjen BPU MARI Herri foto bersama dengan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi di Pagaruyung. (foto: dok/fantau)

Batusangkar,— Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum (BPU) Mahkamah Agung RI Herri Swantoro mengharapkan agar para hakim dalam memutus suatu perkara secara adil.

“Hakim sebagai penegak hukun harus memiliki integritas tinggi, mahkota kita adalah memberikan putusan yang adil,” kata Herri saat acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Surau Ar Rahman Pengadilan Negeri Batusangkar di Pagaruyung, Jumat 19/7.

Untuk itu, tutur Herri, setiap Pengadilan harus bergerak cepat, terus meningkatkan kinerja, disiplin, sehingga mampu melayani masyarakat dengan baik khususnya para pencari keadilan.

Di sisi lain, Herri menyebut dalam pembangunan Surau di Komplek Kantor PN Batusangkar, bila selesai nanti para hakim, ASN dan masyarakat dapat memakmurkannya dengan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan disamping untuk beribadah.

“Kita harus memakmurkan Surau, tidak hanya sekedar membangun, kemudian ditelantarkan, alangkah naifnya. Maka harus dimakmurkan dengan kegiatan positif,” kata Herri.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menyambut baik dan mendukung pembangunan rumah ibadah di komplek perkantoran PN Batusangkar.

“Pemerintah Daerah sangat mendukung berbagai kegiatan keagamaan sesuai visi misi Kabupaten Tanah Datar 2016-2021 yakni terwujudnya Kabupaten Tanah Datar yang Madani, Berbudaya dan Sejahtera dalam Nilai-nilai Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah” kata Irdinansyah.

Ketua PN Batusangkar, Tiwik menyampaikan, pembangunan surau dengan swadaya diharapkan memberikan manfaat dan kenyamanan bagi pegawai dan masyarakat yang berurusan di instansi yang dipimpinnya.

“Gedung ini kami tempati semenjak April 2017 setelah baru dibangun dan sesuai arahan Mahkamah Agung RI kami terus berbenah dengan komitmen terus memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada masyarakat pencari keadilan dengan meningkatkan kredibilitas dan transparansi peradilan guna terwujudnya peradilan yang agung,” tutur Tiwik.

Ikut menyaksikan peletakan batu pertama pembangunan Surau tersebut Direktur Pembinaan dan Tenaga Teknis MA Haswandi, Ketua Pengadilan Tinggi Padang Husni Rizal, dan para Ketua PN se-Sumbar. (fantau).