Dirlantas Gandeng Da’i Suarakan Tertib Lalu Lintas kepada Umat

oleh
Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Singgamata sambut Ramadhan gelar silarahmi dengan Da'i dan Ustad se Sumbar dalam rangka mensosialisasikan ke masyarakat tertib berlalu lintas, Rabu16/7 di Aula Ditlantas Polda Sumbar (foto: rif)

Padang,—Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumbar Kombes Pol Singgamata, sehari jelang Ramadhan gelar silaturahmi dengan Da’i, dalam rangka menggandeng Da’i dan Ustad ikut sosialisikan tertib lalu lintas kepada umat.

“Dalam rangka bulan suci Ramdhan, kita menggelar silaturahim, sebagai upaya menjadikan Da’i atau Ustad ikut mengajak masyarakat Sumbar tertib lalu lintas, Da”i yang hadir tergabung dalam Da”i Kamtibmas,”ujar Kombes Pol Singgamata pada acara silaturahmi jelang Ramadhan, Rabu 16/5  di Aula Ditlantas Polda Sumbar.

Menurut Kombes Pol Singgamata soal keamanan dan ketertiban lalu lintas adalah tanggung jawab semua pemangku kepentingan.

“Da’i Kamtibmas termasuk yang mau untuk mensosialisasikan, guna mewujudkan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcar Lantas) di 19 Kabupaten dan Kota yang disampaikan disaat berceramah di depan masyarakat muslim Sumbar,”ujar Singgamata didampingi Kasubdikyasa Ditlantas Polda Sumbar Kompol Ari Wibowo.

Menurut Singgamata, silaturahim penting sebab, banyak hal yang bisa disampaikan.

“Kami berharap para da’i dan ustad dapat menyampaikan pesan-pesan keselamatan berlalulintas kepada masyarakat,”ujarnya.

Dikatakan Kombes Pol Singgamata, polisi lalu lintas butuh dukungan dan kerjasama semua pihak untuk menjadi pelopor dalam keselamatan berlalu lintas.

“Dalam hal ini, para Da’i dan Ustad diharapkan menjadi salah satu pelopor. Sebab, para Da’i selalu berhadapan dengan umat. Dengan begitu dapat membimbing dan mengajak masyarakat menjadi lebih baik, lebih disiplin berlalu lintas,” ujarnya.

Pihaknya juga, sudah melakukan berbagai upaya untuk membudayakan keselamatan berlalu lintas.

“Sudah banyak yang dilakukan, seperti sosialisasi ke sekolah-sekolah dan kampus, instansi pemerintah dan swasta serta langsung kepada masyarakat. Juga menyampaikan imbauan melalui spanduk dan media massa,”ujarnya.

Selain itu, kata Singgamata, Ditlantas sebagai perpanjangan Kapolda Sumbar juga menggelar operasi tertib lalulintas, dengan memberikan nasihat dan teguran, termasuk melakukan penindakan.

“Dan Allhamdullilah saat ini, tingkat kecelakaan di Sumbar menurun. Namun upaya dilakukan masih belum maksimal. Sebab saat ini masih ada terjadi pelanggaran lalu lintas. Karena itu, dia berharap kepada para D’ai dapat memberikan bimbingan dan mengajak masyarakat untuk lebih tertib berlalu lintas terutama saat Ramadhan nanti. Sehingga tingkat kecelakaan yang menyebabkan meninggal dunia turun drastis,”ujarnya

Pada kesempatan itu Dirlantas juga menyampaikan agar para D’ai ikut bekerjasama dalam memberantas aksi teror yang saat ini terus menghantui masyarkat, tak terkecuali di Sumbar.

Personil Harus Tingkatkan Kewaspadaan

Terkait aksi teror yang terjadi beruntun di wilayah Indonesia, Kombes Pol Singgamata mengingatkan personil Lantas di Sumbar untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menjalankan tugas.

“Sudah kita ingatkan sesuai perintah Pak Kapolda Sumbar, semua personil Lantas waspada dan sudah  melengkapi anggota dengan persenjataan lengkap,”ujarnya.

Sebab kata Singgamata, satuan lalu lintas sangat rentan mendapatkan perlakuan teror. Terutama personil  yang selalu berdinas di jalan raya.

“Kita tidak dapat mendeteksi datangnya namun bisa kita antisipasi agar aksi teror tidak terjadi. Untuk itu selalu tingkatlan kewaspadaan saat berdinas,”ujarnya pada kegiatan silarutahmi yang dihadiri Kasatlantas di wilayah hukum Polda Sumbar.

Pada kegiatan bersama Da’i Kamtibmas tadi, tokoh masyarakat Zaitul Ikhlas mengapresiasi, langkah Dirlantas Polda Sumbar yang telah mengadakan silaturahim ini dengan para Da’i maupun Ustad se- Sumbar.

“Ini merupakan pertama kalinya kegiatan seperti ini diadakan di bawah komandan Kombes Pol Singgamata. Untuk itu kita perlu ucapkan terimkasih dan mengapresiasinya,”ujar Zaitul.

Kegiatan ditutup dengan sholat dzuhur berjemaah dan usai sholat menurut Kasub Dikyasa Ditlantas Polda Sumbar Kompol Ari Wibowo digelar doa untuk kesuma negara, anggota Polri yang gugur dalam tugas saat aksi teror.

“Doa bersama dipimpin Pak Zaitul Ikhlas, kita berdoa bersama Da’i untuk sahabat kami personil Polri yang gugur dalam tugas saat aksi teror beruntun terjadi akhir-akhir ini,”ujarnya.(rian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *