Dony Oskaria, Sosok Dibalik Investasi CT Rp 500 Miliar di Padang

oleh -2.843 views
Dony Oskaria, sosok dibalik maunya Chairul Tanjung investasi Rp 500 miliar di Padang. (foto: whatshapgroup TOP100)

*Transmart Padang Opening*

Dony Oskaria, sosok dibalik maunya Chairul Tanjung investasi Rp 500 miliar di Padang. (foto: whatshapgroup TOP100)

Padang,—Heboh, crodit dan macet menjadi suasana tak terelakan di Jalan khatib Sulaiman Padang, usai opening Transmart Jumat 19/5.

Masyarakat dari berbagai penjuru tidak sabar sejak pukul 10.00 WIB tadi untuk mencoba wahana belanja dan bermain di pusat perbelanjaan baru itu.
Transmart menjadi pusat pebelanjaan ke 97 dimiliki pengusaha nasional Chairul Tanjung (CT) di Indonesia, sore ini juga CT juga meresmikan pembukaan Transmart Pekanbaru.
Tak kurang Rp 500 miliar diinveskan CT untuk mendirikan sampai beroperasinya Transmart Padang itu, tapi siapa dibalik CT berinevstasi di Sumbar.
“Saya sudah serahkan investasi di Sumbar itu ke Dony Oskaria, saya percaya sama dia,”ujar CT sebelum beranjak ke Bandara BIM menuju Pekanbaru.
Ya Dony Oskaria-lah sosok yang gigih memberikan advis dan kajian kepada owner Trans Crops itu, Dony putera asli Tanjung Alam Tanah Datar Sumbar ini memang dikenal orang dekatnya CT, ada banyak usaha CT dihandel sama Dony Oskaria yang sudah 20 tahun menjadi loyalisnya.
“Pendirian Transmart Padang, hari ini beroperasi sudah melewati berbagai kajian dan analisis, Pak TC itu orangnya detil dan perhitungan sekali dalam berinvestasi, berani iya, tapi beliau sangat jelimet dan memiliki insting bisnis yang tajam,”ujar Dony saat berdialog dengan media ini Jumat 19/5.
Dony Oskaria menyadari Padang butuh investasi dan ini kampung tempatnya menghabiskan usia sampai sekolah menengah pertama di SMP 7 Padang.
“Hitungan bisnis ekonominya jelas ada, potensi Sumbar itu terus bergeliat, dan Transmart ingin menjadi bagian meningkatnya pertumbuhan ekonomi Padang tahun ini 6 persen dan tujuh persen pada 2018 nanti,”ujarnya.
Dony memiliki memori tak bisa dia lupakan dengan Kota Padang, saat sekolah dulu dia tinggal di Jalan Bahari Ulakkarang ke sekolah jalan kaki waktu itu.
“Masak saya sudah punya kajian detil tentang prospek tidak mampu meyakini Pak CT, Allhamdulillah hari ini Transmart Padang beroperasi, semoga ini menjadi kebangaan kota, sebagaimana saya bangga Minangkabau selama ini,”ujarnya.
Usai opening Transmart Padang Dony Oskaria di whatshap group TOP 100 ucapkan terima kasih.
“Terima kasih uda, uni dan kawan semuanya, Inshaa Allah Transmart akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Sumbar, 1175 UKM ditampung Transmart, termasuk untuk Transmart Pekanbaru sebagian disuply dari UKM sumbar. Dan  Insha Allah setelah ini segera kita bangun hotel dan convention center yang representative di Padang,”ujar Dony di whatshap group TOP100.
Dony Oskaria bergabung dengan Chairul Tanjung berawal dari staf Call Center Bank Mega setelah menyeleaikan pendidikan di Unpad Bandung, tapi karena ulet dan punya skil Dony Oskaria disekolahkan ke Philipina dan beberapa sekolah peningkatan kapasitas oleh CT.
Sekarang berbagai penugasan dan CEO perusahaan, Dony Oskaria selalu menjadi pilihan tepat CT. Tapi satu yang pasti mengenai Sumbar Dony Oskaria jangan ditanya komitmennya, apalagi soal kulinernya.
Uda kalau lah di Padang, program diet uda berantakan sadoalahnyo, samba di siko nan ado tu lamak, lamak dan lamak bana (uda kalau sudah di Padang program diet berantakan semua, kuliner di sini yang ada enak enak dan enak sekali),”ujarnya Kamis siang kemarin di sebuah warung makan di pinggir kota, Gunung Sarik dengan sambal khasnya goreng ikan Puyu.
Bahkan Dony Oskaria di Jakarta juga selalu aktif membina anak-anak muda Sumbar yang merantau ke ibukota negara.
Dony Oskaria termasuk inisiator “minang pride” yakni membangun jiwa bangga ba minang bangga ka kampuang (bangga dengan minang dan bangga ke kampung).
“Minangkabau itu kaya budaya dan nilai nilai luhur, sebenarnya tidak akan tegerus oleh apapun asal teguh dengan prinsip keminangan, dan selalu ditranslet ke generasi muda sekarang ini, tujuan minang pride jelas membumikan kembali nilai luhur orang minang itu,”ujarnya. (wandi)