DPP IKA Unand Terbitkan Maklumat tidak Dukung Mendukung Capres

oleh -3.909 views
DPP IKA Unand terbitkan maklumat, Rabu 23/1 (foto: google)

Padang,—Beredar rencana dukungan Alumni Unand kepada pasangan calon Jokowi-Ma’ruf Amin, membuat gerah Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Andalas (IKA Unand).

Untuk meluruskan DPP IKA Unand meminta, alumnus atau kelompok alumni yang menyalurkan aspirasi dan pilihan politiknya di ajang Pemilu 2019, tidak mengatasnamakan IKA Unand secara organisasi, tidak menggunakan logo dan/atau nama resmi IKA Unand.

“Alumnus atau kelompok alumni, juga diminta untuk tidak menggunakan logo Universitas Andalas sebagai bentuk penghormatan pada independensi almamater Universitas Andalas,”ujar  Ketua Harian DPP IKA Unand, Surya Tri Harto bersama Reni Mayerni (Sekjen DPP IKA Unand) pada keterangan pers tertulis diterima media ini, Rabu 23/1.

Untuk menegaskan sikap alumni Unand itu, DPP IKA Unand mengeluarkan maklumat dengan nomor 01/DPP-IKA/I/2019 tentang Pemilihan Presiden dan Pemilu Legislatif 2019. Surat yang terdiri dari 5 butir tersebut juga ditembuskan kelada Ketua Umum DPP IKA Unand, Ketua Dewan Pembina, Ketua Dewan Penasehat dan Ketua Dewan Pakar DPP IKA Unand.

Inilah maklumat tersebut:

1. Bahwa Ikatan Alumni Universitas Andalas (IKA UNAND) adalah wadah organisasi tempat berhimpunnya alumnus Universitas Andalas dan lKA UNAND tidak terikat dan atau tidak mengikatkan diri kepada organisasi sosial atau organisasi politik manapun.

2. Bahwa seluruh alumni Universitas Andalas yang berkewarganegaraan Indonesia, secara individu adalah warga negara Indonesia yang memiliki kebebasan untuk menentukan dan menyalurkan aspirasi dan pilihan politiknya yang berbeda dan beragam serta dijamin oleh konstitusi.

3. Bahwa apabila ada alumnus Universitas Andalas atau kelompok alumni Universitas Andalas yang menyampaikan dan atau menyalurkan aspirasi dan pilihan politiknya dalam berbagai bentuk, maka hal tersebut merupakan inisiatif para alumnus secara i.ndividu dan bukanlah merepresentasikan sikap IKA UNAND secara organisasi.

4. DPP IKA UNAND dengan ini menyatakan bahwa IKA UNAND menghormati hak individu alumnus dan atau kelompok alumni Universitas Andalas yang melaksanakan aktifitas dalam menyalurkan aspirasi dan pilihan politiknya dalam bentuk keikutsertaan sebagai calon anggota legislatif, tim sukses, relawan dan atau bentuk partisipasi lainnya, dan menghimbau agar dalam kiprahnya melakukan aktifitas penyaluran aspirasi dan pilihan politik dimaksud, selalu menjunjung tinggi marwah dan nama baik almamater Universitas Andalas.

5. DPP lKA UNAND dengan ini juga menegaskan agar individu alumnus atau kelompok alumni Universitas Andalas yang menyalurkan aspirasi dan pilihan politiknya agar tidak mengatasnamakan lKA UNAND secara organisasi, tidak menggunakan logo dan atau nama resmi lKA UNAND, serta tidak menggunakan logo Universitas Andalas sebagai bentuk penghormatan kepada independensi almamater Universitas Andalas.
Kepada berbagai pihak yang ingin menyampaikan pendapatnya terhadap maklumat ini, tambah Reni Mayerni, dapat menuliskannya ke laman http://web.ikaunand.org.

“Kita berharap, setiap alumni Unand meneruskan maklumat ini ke yang lainnya melalui berbagai medium media sosial atau perangkat elektronik lainnya,”ujar Sekjend DPP IKA Unand Prof Reni Mayerni. (rilis: ika-unand)