Dua Akun Medsos Dinas Pemprov Sumbar Diretas, Diskominfotik Sumbar Upayakan Pemulihan

oleh -1,040 views
oleh
1,040 views

Padang–Diduga telah diambil alih oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, dua akun media sosial (Instagram) @pemprov.sumbar dan @dsdik_sumbar tidak dapat diakses oleh admin. Hal ini diketahui pada Rabu, 6 Desember 2023 sekira pukul 15.15 WIB.

Untuk ig @pemprov.sumbar, admin masih dapat mengakses akun yang memiliki follower sebanyak 27 ribu pengikut tersebut untuk mempublikasikan kegiatan pada Rabu siang, pukul 11.30 WIB.

Kepala Dinas Kominfotik Sumbar Siti Aisyah saat dikonfirmasi Rabu Sore menyatakan, pihaknya segera melakukan koordinasi dan langkah strategis setelah mengetahui peretasan tersebut. Langkah dan Koordinasi tersebut diantaranya mencoba memulihkan akun melalui email dan konsultasi dengan pihak Kementerian Kominfo.

“Kita juga melaporkan peretasan ini ke kantor perwakilan instagram Indonesia yang ada di Jakarta,”ujar Siti Aisyah.

Siti Aisyah menghimbau kepada masayarkat untuk sementara waktu mencari informasi melalui website sumbarprov.go.id dan akun media sosial Pemprov Sumbar yang lain, seperti facebook dan tiktok.

“Sumber informasi resmi Pemerintah Provinsi Sumbar dapat diakses masyarakat melalu web resmi dan akun media sosial lainnya  untuk sementara waktu, sambil kita lakukan langkah-langkah untuk memulihkan akun instagram @pemprov.sumbar,” ujarnya.

Selain akun instagram yang dikelola Dinas Kominfotik Sumbar, di hari yang sama juga terjadi peretasan pada akun instagram Dinas Pendidikan Sumbar @disdik_sumbar.

Terkait hal ini, Siti Aisyah menghimbau kepada pengelola akun media sosial dinas di lingkup Pemprov Sumbar agar segera melapor ke Diskominfotik Sumbar jika terjadi peretasan.

Kejadian ini menurut Siti Aisyah akan menjadi evaluasi penting kedepannya terutama dalam hal pengamanan akun pemerintah.

“Disamping itu masyarakat juga diminta berhati-hati terhadap penawaran-penawaran produk atau informasi  yang menggunakan akun tersebut, itu bukan dari kami,” tegas Siti Aisyah.(**)