Dugaan Penyimpangan Anggaran Nagari Ratusan Warga Datangi Kantor Nagari Carocok Anau Koto XI Tarusan

oleh -1,702 views
oleh
1,702 views
Ratusan warga mendatangi Kantor Walinagari Carocok Anau di Nagari Carocok Anau, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Selasa (17/10/2023). (/ist)

Painan, – Diduga tidak tepat gunakan anggaran ratusan warga di Nagari Carocok Anau, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Selasa 17/10-2023 mendatangi Kantor Walinagari Carocok Anau.

Kedatangan ratusan warga tersebut untuk menyampaikan orasi terkait dugaan penyalagunaan anggaran di Nagari. Diantarahnya, pembangunan pagar kantor wali nagari tidak kunjung selesai anggaran 2021, kegiatan penanggungan keadaan mendesak Tahun 2023 Rp. 129.600.000, pembangunan sarana dan prasarana taman bacaan anggaran th 2013 Rp147.338.500 tidak selesai. Dan, peningkatan tanaman pangan anggaran th 2023 Rp.138.177.000 tidak terealisasi.

Orasi tersebut mendapat pengawalan personil Polsek Koto X Tarusan bersama anggota Koramil Koramil 07 Tarusan, Kodim 0311/ Pessel.

Dalam giat tersebut Aspirasi diterima oleh Camat Koto XI Tarusan Nurlaini, SE. MSc.Massa melakukan orasi berupa pembacaan penyampaian aspirasi masyarakat. Dan, penyampaian tidak akan melaksanakan PILBAMUS Nagari, sebelum wali nagari diberhentikan.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan diskusi diruangan kantor wali nagari yang di ikuti oleh perwakilan dari 5 unsur masyarakat menyampaikan pendapatnya tersebut bersama dengan Forkopimca Kecamatan Koto XI Tarusan.

Adapun tuntutan masyarakat dalam diskusi tersebut adalah penonaktifkan Wali Nagari dan pemalangan kantor atau ruang kerja Wali Nagari, Pilbamus di tunda. Serta memohon dugaan penyelewengan dana Nagari di tindak lanjuti oleh polri.

Dan untuk keputusan sementara hasil diskusi, Camat Koto XI Tarusan Nurlaini, SE. MSc, bersedia menunda untuk Pilbamus Nagari Cerocok Anau.

Sementara untuk sementara Wali Nagari Cerocok Anau Atrin Jabar diberikan izin tidak masuk kantor untuk beberapa waktu mengingat situasi dan kondisi tuntutan masyarakat, dan camat akan segera membawa permasalahan menghadap Bupati guna untuk mengambil kebijakan dan petunjuk dari Bupati.

Sedangkan untuk dugaan penyalagunaan anggaran Camat Koto IX Tarusan akan menindak lanjuti hal itu.

Dalam pelaksanaan kegiatan Orasi penyampaian aspirasi damai tersebut, langsung turun mengamankan aksi tersebut Kapolsek Koto XI Tarusan, Iptu Donny Putra,SH.MH.

Selama kegiatan berlangsung dg lancar, tertib dan situasi kondusif. (ori)