Efrizal Hendri Dt Patih Kini Jadi Wali Nagari Maek

oleh -594 views
oleh
594 views
Hendri Dt Patih raih suara terbanyak Pilwanag Maek, menunggu pelantikan.(dok)

Limapuluh Kota ,— Efrizal Hendri Datuak Patih meyakinkan meraih suara terbanyak pada Pemilihan Wali Nagari (Pilwanak) Maek Kecamatan Bukit Barisan Kabupaten Limapuluh Kota, Rabu 25/5-2022.

Aumni UIN Imam Bonjol tersebut terpilih menjadi Wali Nagari menyisihkan tiga calon lainnya.

“Allhamdulillah saya dipercaya untuk menjadi Wali Nagari Maek, terima kasih pemilih negeri seribu menhir,”ujar Dt Patih Jumat 27/5-2022.

Hendri Dt Patih meraih suara terbanyak yakni lebih 2.101 suara. Peraih suara terbanyak itu mengusung visi mewujudkan nagari Maek, mandiri, beradat, berbudaya, religius dalam rangka Adat Basandi Syarak Syarak Basandi Kitabullah.

Satu dari sekian misi Hendri Dt Patih yaitu memperkuat tunggu tigo sajarangan (niniak mamak, cadiak pandai, alim ulama) berkordinasi dengan perantau serta mensinergikan segi tiga emas yang kokoh agama, adat dan pemerintah dalam membangun Nagari Maek.

“Kedepannya saya akan lebih mengoptimalkan fungsi tunggu tigo sajarangan dalam membangun Nagari Naek menjadi nagari yang lebih maju,”ujarnya.

Selain itu visinya juga akan meningkatkan eksistensi Adat Lamo Pusako Usang serta memperkuat eksitensi lembaga tingkat nagari dalam menangulanggi kenakalan remaja serta penyakit penyakit masyarakat lainnya.

“Kita akan menerapkan kembali aturan-aturan adat lama yang relefan dengan perkembangan zaman saat ini disamping menerapkan aturan perundang-undangan. Intinya membangkitkan kembali budaya lama yang memiliki dampak baik bagi Nagari Maek,” jelasnya.

Kapan Dt Patih dilantik menurutnya menunggu jadwal dari pemerintah daerah. “Untuk pelantikan kita masih menunggu jadwal dari pemerintah daerah,” lanjutnya yang juga merupakan tamatan S2 Universitas Bung Hatta itu.

Sebagaiman diketahui, Efrizal Hendri pria kelahiran 1984 yang aktif dalam berbagai berbagai organisasi di antaranya pernah menajdi Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Mahasiswa Perpustakaan dan Informasi, Ketua BEM J PAD Fakultas Adab IAIN IB Padang, Direktur Lembaga Pengembangan Perpustakaan dan Informasi Indonesia.

Serta sekretaris Kerapatan Adat Nagari Maek, Ketua Kerapatan Adat Nagari Maek, Wakil Sekretaris DPD PAN Lima Puluh Kota, Ketua Harian DPD PAN Lima Puluh Kota, Wakil Ketua DPD PAN Lima Puluh Kota 2020-2025 serta staf ahli DPRD Lima Puluh Kota 2014-sekarang. (dri)