Ekos Albar : Ormas Harus Berperan Aktif Jaga Situasi Kondusif Jelang Pemilu 2024

oleh -1,109 views
oleh
1,109 views
Wakil Wali Kota Padang, Ekos Albar membuka kegiatan pemberdayaan dan pengawasan bagi organisasi masyarakat (Ormas) di lingkungan Kecamatan Padang Selatan dan Padang Timur, di Hotel Axana, Sabtu (2/12/2023). (/ist)

Padang, – Pemerintah Kota Padang mengharapkan dukungan dan kerjasama organisasi kemasyarakatan (Ormas) untuk menjaga situasi yang kondusif, aman dan tertib di tengah-tengah masyarakat jelang pelaksanaan Pemilu serentak 2024.

Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar, sewaktu membuka kegiatan pemberdayaan dan pengawasan bagi organisasi masyarakat (Ormas) di lingkungan Kecamatan Padang Selatan dan Padang Timur, di Hotel Axana, Sabtu (2/12/2023).

“Sebagai mitra pemerintah, kita mengharapkan peran aktif dari Ormas di Kota Padang untuk bersama-sama menjaga dan mengawasi pelaksanaan Pemilu sesuai dengan kapasitas masing-masing, karena menjaga kebersamaan dan ketertiban itu adalah tanggung jawab semua warga kota,” ucap Ekos.

Menurut Ekos, sebagai wadah dalam menjalankan kebebasan berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat, Ormas merupakan salah satu garda terdepan dalam mewujudkan Pemilu Damai tahun 2024 mendatang.

“Ormas merupakan organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dan tujuan.

Sinergitas Ormas bersama jajaran pemerintahan dan seluruh komponen masyarakat, diharapkan mampu menjadi bagian dari solusi permasalahan yang timbul dalam masyarakat,” harap Ekos.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kota Padang Tarmizi Ismail mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan ormas di Kota Padang dapat berperan aktif dalam menjaga situasi pada pelaksanaan Pemilu serentak 2024 di Kota Padang.

“Kegiatan pemberdayaan dan pengawasan bagi Ormas ini harus bisa memperkuat peran dan partisipasi Ormas di tengah-tengah masyarakat. Apalagi tidak lama lagi kita akan menghadapi Pemilu 2024.

Ormas sangat diharapkan perannya dalam membantu terciptanya situasi yang kondusif dalam penyelenggaraan pesta demokrasi ini,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, sekaligus Ekos Albar menyerahkan dana hibah dari Pemerintah Kota Padang kepada Sat Intelkam Polresta Padang, PWRI Kota Padang, dan Koramil 03 Padang Selatan.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Kota Padang Amril Amin, dan Ketua PWRI Kota Padang Yusman Kasim. (***)