Elpiji 5,5 Kilo Diluncurkan

oleh -1.316 views
Pertami launching bright gas 5,5kg di Padang

Padang,—Tugu Perdamaian Muaro Lasak Padang menjadi saksi keinginan PT Pertamina melayani kebutuhan gas elpiji masyarakat Sumbar.

Sabtu, 25/3 PT Pertamina meluncurkan bright gas 5,5 Kilogram untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap bahan bakar elpiji yang praktis dan efisien. GM PT Pertamina Eldi Hendri memastikan varian produk bright gas bukan produk Non Subsidi.

Eldi menjelaskan, tujuan hadirnya produk Elpiji Bright Gas 5,5 kg, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang tidak mampu untuk membeli elpiji 12 kg. “Dari pada mereka yang tergolong mampu beralih menggunakan elpiji bersubsidi 3 kg, karena harga elpiji 12 kg terlalu mahal. Nah, jadi dengan adanya Elpiji Bright Gas 5,5 kg ini akan menjadi pilihan yang tepat, sehingga hak masyarakat yang kurang mampu yang menggunakan elpiji 3 kg bisa dirasakan,”ujar Eldi

Untuk harga Elpiji Bright Gas 5,5 kg itu, kata Eldi, harga jual tabung Bright Gas 5,5 kilogram beserta isinya di wilayah Sumbar Rp 330.000. Namun untuk bagi masyarakat yang selama ini menggunakan elpiji 3 kg, bisa menukarkannya dengan dua buah tabung gas elpiji PSO 3 kg dan tambahan uang senilai Rp 110.000, maka akan mendapatkan satu buah tabung Bright Gas 5,5 kilogram beserta isinya.

Eldi juga menyatakan, dengan adanya pertukaran dua tabung gas elpiji 3 kg untuk mendapatkan Elpiji Bright Gas 5,5 kg tersebut, bukan berarti Pertamina menginginkan masyarakat beralih secara keseluruhan untuk menggunakan yang elpiji 3 kg.

“Semuanya terserah masyarakat, mau pakai yang 5,5 kg boleh. Tapi yang tidak boleh itu, masyarakat yang mampu malah menggunakan yang 3 kg. Apalagi warna tabung gas yang kita hadirkan menarik bagi ibu-ibu, yakni warna pink,” ujarnya. Eldi pastikan adanya bright gas tidak menghapus gas elpiji 3 kilogram.

“Tidak akan dihapuskan,ujarnya.

Sementara markaeting branch manajer Sumbar Riau Pramono Wibowo menambahkan, untuk tahap awal ini PT. Pertamina telah menyiapkan 65.000 tabung Bright Gas 5,5 kg. Jumlah tersebut akan melayani melalui 20 agen dan 2.400 outlet termasuk pangkalan Elpiji PSO yang tersebar di Sumbar.

“Pertamina terus berupaya menjaga ketahanan energi di Sumbar dengan memenuhi kebutuhan bahan bakar kendaraan maupun elpiji bagi masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang turut hadir dalam peluncuran Elpiji Bright Gas 5,5 kg tersebut berharap, dengan adanya Elpiji Bright Gas 5,5 kg ini masyarakat yang tergolong mampu agar bisa menggunakannya, dan jangan lagi menerima elpiji yang bersubsidi yakni 3 kg. Ia menilai, produk Elpiji Bright Gas 5,5 kg merupakan produk yang sangat tepat untuk gas di dapur rumah tangga, karena lebih ringan dan bisa diangkat langsung oleh ibu-ibu di dapur.

“Isu elpiji subsidi yang digunakan oleh masyarakat yang tergolong mampu sudah lama terjadi. Jadi kehadiran Elpiji Bright Gas 5,5 kg ini benar-benar menjawab kebutuhan masyarakat yang tergolong mampu untuk mendapatkan harga yang lebih murah dari elpiji 12 kg,” ungkapnya.

Untuk itu, gubernur menegaskan, tidak ada alasan lagi bagi masyarakat yang tergolong mampu untuk menggunakan elpiji bersubsidi 3 kg. Karena Elpiji Bright Gas 5,5 kg ini selain praktis dan efesien, warnanya juga cocok untuk ibu-ibu di dapur.(wal)