Empat Kali Gempa Terasa di Padang, Patra Rina Dewi Ingatkan Warga Siaga

oleh
Pendiri Kogami Patra Rina Dewi keluarkan ajakan siagagempa usai empat kali gempa berturut turut terasa di Padang, Sabtu 2/2 (foto: facebook@patra rina dewi)

Padang,—Teriakan gampo, gampo, gampo (gempa, gempa, gempa) kencang di jalan Parak Gadang Raya begitu getaran genpa bumi terasa, warga spontan berhamburan ke luar rumah.

Hal demikian juga dilakukan berbagai kalangan masyarakat di Sumbar yang merasakan gempa bumi. Seperti di Malokopak Mentawai, warga keluar rumah dan berteriak minta pertolongan Sang Penciptanya.

Empat kali gempa beturut-turut terasa di Padang dan sebagaiam daerah di Sumbar,dengan skala righter bervariasi sebagaimana dirilis BMKG sesaat getaran bumi terasa oleh warga.

Aktifis Gempa dan Tsunami Patra Rina Dewi, seperti setiap kali gempa terjadi menshare siaga gempanya, demikian juga Sabtu 2/2 senja tadi. Berikut himbauan pendiri Komunitas Siaga Gempa Tsunami (Kogami) selengkapnya.

Siaga Gempa di Sumbar

Hari ini gempa terasa berturut-turut dalam waktu kurang dari 2 jam.

Edukasi Siaga Gempa dan Tsunami untuk warga di Pesisir Sumatera Barat

1. Jangan panik
2. Jika gempa yang dirasakan kecil atau kuat tapi hanya beberapa detik saja, segera keluar bangunan menuju ruang terbuka. Masih ada waktu untuk mencari informasi
3. Jika gempa kuat (kita tak bisa berdiri seimbang) dan lama (lebih dari 20 detik terus-menerus), SEGERA EVAKUASI setelah gempa berhenti karena kemungkinan BERPOTENSI TSUNAMI). Jangan menunggu informasi dari BMKG!
4. Siapkan tas siaga yang berisi minuman, makanan instan, obat-obatan, pakaian, peralatan shalat dll di tempat yang mudah dijangkau
5. Siapkan senter/lampu di dekat bantal
6. Kenali jalur evakuasi dan Bangunan sebagai tempat evakuasi sementara
Perkiraan daerah yang aman dari tsunami:
3 km dari pantai atau ketinggian > 10m dpl
7. Berdoa dan tawakal kepada Allah

Salam siaga!
Patra Rina Dewi
082173044555

(owner/wag-top100)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *