Empat Paket Narkoba Disita Polisi Saat Meringkus Tiga Pengedar

oleh -205 views
Kapolsek Lintau Buo Utara Iptu Surya Wahyudi dan para pelaku penyalahgunaan Narkoba serta barang bukti (foto: dok/fantau)

Batusangkar,—Sedikitnya empat paket Narkotika terdiri dari tiga paket Sabu dan satu paket daun Ganja kering disita jajaran Polsek Lintau Buo Utara, Polres Tanah Datar saat meringkus tiga pelaku penyalahgunaan narkotika.

“Aktifitas pelaku penyalahgunaan Narkotika sudah meresahkan warga dan berdasarkan informasi masyarakat, mereka berhasil kita tangkap,” kata Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas di Batusangkar, Sabtu 10/8.

Kapolres menyebut penangkapan ketiga pelaku tersebut dipimpin Kapolsek Lintau Buo Utara Iptu Surya Wahyudi dibantu anggota Satres Narkoba Polres Tanah Datar.

Kapolres menjelaskan anggotanya pertama menangkap pelaku Syafriyon (35 tahun) panggilan Mariyon dan Nopi Indra (41 tahun) panggilan Nopi di sebuah rumah di Jorong Ampera, Nagari Balai Tangah, Kecamatan Lintau Buo Utara pada Jumat, 9/8 sekira pukul 22.45 Wib.

Saat polisi melakukan penggeledahan di dalam rumah tersebut ditemukan dua paket Sabu di bawah lemari di dalam kamar yang tersimpan dalam kotak kacamata warna pink dan dua set alat hisap jenis Sabu di atas meja makan.
Dari keterangan Mariyon, ia membeli barang haram itu dari seseorang bernama Jet Tendra (43 tahun) panggilan Jet Tato.

Polisi pun bergerak ke rumah istri Jet Tato di Jorong Ampera Nagari Balai Tangah dan berhasil menangkapnya di rumah itu sekira pukul 23.15 Wib. Jet Tato mengaku bahwa ia menyimpan Sabu dan daun Ganja kering disamping rumahnya di Jorong Cubadak Randah, Nagari Tanjung Bonai, Kecamatan Lintau Buo Utara.

Kemudian petugas melakukan penggeledahan di lokasi tersebut dan menemukan satu paket Sabu dalam plastik bening dan satu paket daun Ganja kering yang disimpan di kotak rokok.

Kasat Resnarkoba Iptu Yadi Purnama menyampaikan selain Sabu dan daun Ganja kering yang disita, pihaknya juga mengamankan barang bukti berupa dua set alat hisap, dua buah gawai, dan uang tunai sebanyak Rp3,97 juta.

Ia menyebutkan saat ini ketiga tersangka sudah ditahan di sel Mapolres Tanah Datar guna proses penyidikan selanjutnya. Ketiganya dijerat Pasal 114 ayat 1 jo Pasal 112 ayat 1, jo Pasal 127 ayat 1, Undang-Undang No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman penjara 5 sampai 20 tahun. (fantau)