Fauma Tasbihkan diri jadi “Manusia Terkuat” di Indonesia

oleh -135 views
Fauma Depril Jumra atlet Sumatera Barat di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Sport Center Atletik, Mimika, Papua.(doc/ril)

Mimika – Fauma Depril Jumra atlet Sumatera Barat menasbihkan diri menjadi “manusia terkuat” Indonesia setelah berhasil meraih medali emas nomor dasa lomba cabang olahraga atletik pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Sport Center Atletik, Mimika, Papua.

Keberhasilan Fauma merengkuh medali emas pada nomor tersebut menggenapkan raihan medali emas kontingen Sumbar pada PON di Bumi Cendrawasih Papua menjadi empat keping medali emas.

Menjadi pemuncak pada hari pertama pertandingan dengan raihan poin 3.602, Fauma kembali menunjukan dominasinya pada hari terakhir pertandingan yang melombakan nomor 110 meter gawang putra, lempar cakram, lompat galah, lempar lembing, dan 1.500 meter putra.

Pada nomor 110 meter gawang putra atlet asal Pasaman tersebut berhasil menjadi yang tercepat dengan poin 830. Di nomor lempar cakram Fauma berhasil mengumpulkan poin 462.

Poin tinggi juga diraih Fauma pada nomor lompat galah, lentingan apik atlet tersebut mampu mencatatkan poin 645. Hal yang sama juga terjadi pada nomor lempar lembing, Ia menjadi yang terjauh dalam lemparan (56,68 meter) dengan poin 688.

Pada nomor terakhir yang mempertandingkan nomor 1.500 meter, Fauma berhasil menjadi yang tercepat dengan membukukan waktu 4 menit 59 detik. sekaligus menutup rangkaian lomba dengan poin tertinggi 6.788.

Medali perak pada nomor dasa lomba diraih atlet asal Kalimantan Timur, Gayus Sibuang dengan poin 6.264 dan medali perunggu atas nama atlet Afif Setiawan dari daerah Lampung dengan poin 6.161.

Manajer tim atletik Sumbar, Ediwarman mengaku bersyukur dengan raihan yang ditorehkan atletnya tersebut.

“Kami bersyukur, Fauma mampu merealisasikan target yang dibebankan kepada dia, semoga ini menjadi motivasi bagi atlet lain untuk bisa melakukan hal yang sama bagi Sumbar, dan mudah mudahan dia mampu mendapatkan emas kedua di cabang atletik ini” katanya.

Ia menambahkan, atlet atas nama Rafika Putra juga ditargetkan meraih medali emas pada nomor lontar martil dan lempar cakram. Rafika sendiri akan bertanding pada 10 oktober untuk nomor lontar martil dan 13 Oktober untuk nomor lempar cakram.

Ketua Pengprov Sumbar S.Budi Syukur menyebutkan “sebelum bertanding kemaren, saya umumkan bahwa atlet yang dapat medali emas, langsung dapat bonus spontan dari ketum pasi 5 jt per medali emas, dan saat menang tadi, langsung ditransfer ke rekening pemenang”. (hms/it.koni.sumbar/ms)