Festival Bahari Pessel Ditutup Wagub Sumbar

oleh -113 views
Waoo keren Audy (kiri baju biru) dan Muhayatul (tengah) gesekan Rabab bersama tandai penutupan Festival Bahari Rabab Pasisie Minggu 8/8-2021. (foto: dok)

Painan,—Festival Bahari Pessel Rabab Pasisie resmi diturup Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar Audy Joinaldy, Mingggu 8/8-2021.

Wagub Audy saat penutupan festival didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Wakil Bupati Pesisir.

Kegiatan Festival Bahari Pessel Rabab Pasisise ini terselenggara atas suport pokok-pokok pikiran anggota DRPD Provinsi Sumatera Barat, Muhayatul.

“Berlamgsung dua hari, digelar tanpa penonton katena masih pandemi, tapi Rabab Pasisie disiarkan secatra online seluruh dunia bisa menyaksikannya,” ujar Muhayatul.

Wagub Audy mengapresiasi eksistensi rabab pasisia yang sudah ada sejak lama. Namun Wagub milenial ini meminta agar kedepannya Rabab Pasisia ini melibatkan generasi muda dalam pelestariannya.

“Kegiatan ini luar biasa. Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak Muhayatul yang telah menganggarkan kegiatan ini melalui pokok pokok pikirmya.. Tetapi kedepan pelestarian seni tradisi Rabab Pasisia ini harus melibatkan generasi muda. Agar seni tradisi kita tidak hilang ditelan zaman,”ujar Audy.

Anggota DPRD Muhayatul mengajak seluruh pihak dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, untuk terus membangun seni tradisional Rabab Pasisia.

“Seni tradisional Rabab Lasisia ini memiliki kekhasan, hanya ada di Pesisir Selatan. Selain sebagai kesenian, Rabab Pasisia kita ini juga berfungsi sebagai media penyampaian kabar dan pesan. Tidak ada daerah lain yang memiliki kesenian seperti ini. Oleh karena itu mari kita lestarikan sehingga rabab ini tetap hinggap di hati masyarakat Minangkabau,” tutur Muhayatul.(rls/own)