Festival Durian Jadi Even Nasional, Usulan Wagub Audy

oleh -54 views
Audy minta Kadis Pariwisata Sumbar jadikan Festival Durian Solok Selatan jadi even nasional, Kamis 29/9-2022. (kampai)

Padang Aro – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sangat mengapresiasi inovasi dan kreativitas Pemerintah Kabupaten Solok Selatan atas penyelenggaraan Festival Durian Solok Selatan 2022.

Hal tersebut diutarakan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldi ketika menutup secara resmi festival di Pulau Mutiara, Nagari Lubuk Gadang Utara, Solsel, Kamis 29/9G2022.

‘’Sukses dua kali angkatkan festival durian dan ini menjadi satu-satunya di Sumatera Barat dan bahkan Sumatera. Untuk itu, sebelum diklaim oleh daerah lain, karena kita sudah coba rasa duriannya, dengan berbagai varian rasa, bentuk dan warna, ini boleh diklaim Solok Selatan sebagai kampungnya durian,” ujar Wagub.

Menurut Wagub, Solok Selatan setelah ditetapkan sebagai agrowisata durian di Sumatera Barat, even festival durian merupakan sesuatu yang unik, bukan hanya diusulkan jadi agenda provinsi, tapi juga akan diusulkan menjadi agenda nasional.

‘’Jika daerah lain mempunyai brand tersendiri, seperti Payakumbuh dengan City of Rendang, maka Solok Selatan adalah ‘’Kampung of Durian’’, sebut Audy

Pada kesempatan tersebut, Wagub Sumbar juga langsung memerintahkan Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Luhur Budianda untuk mengusulkan festival durian Solok Selatan menjadi even nasional.

“Pak Kadis, tolong usulkan festival ini ke even nasional,” ujar Wagub menginstruksikan Kadis Pariwisata Pemprov Sumbar.

Terkait penunjang sektor pertanian, Wakil Gubernur juga medorong pemerintah kabupaten untuk menonjolkan satu komuditas utama, momen festival ini, tidak ada salahnya jika durian diangkat menjadi komoditi unggulan, pungkasnya. (kampai)