Field Indonesia Teken Kerjasama dengan Gubernur Sumbar UBI

oleh -1,011 views
oleh
1,011 views
Tekan Kerjasama dengan Field Indonesia, Mahyeldi: Udara Bersih Komitmen Kita Semua. (/ist)

Padang, – Yayasan Field Indonesia yang menginisasi Program Udara Bersih menandatangani kerjasama dengan Gubernur Sumbar Mahyeldi di ruang tamu Istana Gubernur, Selasa 5/12-2023.

Menurut Direktur Field Indonesia Heru Setyako Program Udara Bersih Indonesia (UBI) dicanangkan bertepatan dengan himbauan Presiden RI 22 Februari 2021, tentang perintah jangan bakar hutan dan lahan antisipasi kerusakan iklim global.

“Field Indonesia menyikapi dengan Program Udara Bersih Indonesia (UBI) seperti merubah perilaku petani tidak membakar jerami, tetapi transfer pengetahuan tentang Program Mulsa Tanpa Olah Tanah, lalu Sampah Pertanian jadi Kompos dari ayam juga cakang telur diolah jadi pupuk kalium,”ujar Heru Setyako didamping Kordinator Field Indonesia Sumbar Suhatril Isra.

Diungkap Heru Program Field Indonesia fakta lapangannya ternyata meningkatkan hasil pertanian, pendapatan petani, mitigasi perubahan iklim, mengurangi pembakaran hutan dan lahan dan meningkatkan kesehatan masyarakat.

Field Indonesia dengan Program UBI ini untuk melengkapi tiga program besar pemerintah, yakni meningkatkan. Ketahanan pangan, mengurangi pembakaran hutan dan lahan serta mengurangi emisi karbon.

“Komitmen Field Indonesia bagaimana melahirkan petani pro lingkungn tidak merusak ekosistem tanah dan lingkungn,”ujarnya.

Sejak 2021 di Sumbar, Field Indonesia sudah melatih 200 kader dan 40 PPl di 8 kabupaten dan menggelar sekolah lapangan di 37 desa diikuti 650 petani, dan 40 desa atau nagari PPl dengan peserta 1300 lebih. Sejak Field Indonesia melaksanakan program sudah menyasar 260 ribu orang di seluruh Indonesia.

Penandatanganan kerjasama antara Heru dengan Mahyeldi disaksikan beberapa kepala dinas di lingkungn Pemprov Sumbar dan kabupaten menjari sasaran Program UBI.

Terlihat Kadis Kehutanan, Kadis Pertanian, Kepala Bappeda juga Sekretaris Dinas Ferdinal Asmin.

Gubernur Sumbar Mahyeldi menegaskan komitmen pemerintahan dipimpinnya tentang Green Province, terutama pertanian tanpa pestisida sehingga udara bersih.

“Jangankan manusia hewan pun bersuka cita merasakan udara bersih,”ujar Mahyeldi yang jebolan Fakultas Pertanian UNAND tersebut.

Pemprov Sumbar menyetujui kerjasama dengan FIELD Indonesia untuk tuntas sukseskan Program Udara Bersih Indonesia.

“Ikatan nagari atau desa nama lainnya, filosofi sosialnya sangat kuat dan erat, dengan bersinergi program ini, Insya Allah udara bersih tercapai dan kesejahteraan petani di nagari pun meningkat,”ujar Mahyeldi.

Mahyeldi juga menjelaskan lingkungan bersih sehat dan cleanned tourism dan green energi sebagai upaya ujudkan udara bersih dan sehat,”ujar Gubernur Sumbar Mahyeldi. (***)