Filosofi Air dan Pemimpin versi Kapolda Sumbar Irjen Fakhrizal

oleh -215 views
Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal bersama Bupati Dharmasraya Sutan Riska saat makan bajamba usai Arung Pamalayu di Candi Pulau Sawah Senin 23/9 (foto: dok)

Dharmasraya,—Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal hadir di Arung Pamalayu sebagai bagian terpenting dari Festival Pamalayu digelar Pemkab Dharmasraya.

Pada sambutannya Irjen Pol Fakhrizal mengatakan air punya banyak makna dan menjadi sumber filosofi.

“Air mengalir, seperti pemimpin yang melayani berada di posisi teratas dia melayani orang di bawahnya,”ujar Putera Tilatang Kamang ini, Senin 23/9 di Dharmasraya.

Air kata Kapolda bagala (bergelar) Ninik Mamak ini, juga mengisi ruang kosong. “Artinya jadilah manusia senang menolong, suka berbagi karena sesungguhnya bathin ini berisi begitu memenuhi kekurangan saudaranya,”ujar Fakhrizal.

Air mengalir kearah muara itu menurut Fakhrizal yang juga Dewan Penyantun Ikatan Wartawan online (IWO) Sumbar artinya pemimpin yang konsisten.

Kapolda mengatakan aliran sungai Batanghari merupakan pusat peradaban sejak berabad abad lalu.

“Ayo jaga kelestarian sungai Batanghari ini sebagai warisan bagi kehidupan anak cucuk kita di masa mendatang,”ujar Fakhrizal.

Karnaval Arung Pamalayu finish di Candi Pulau Sawah yang menjadi pusat arung pamalayu.

“Festival Pamalayu kolobarasi darat dan sungai bentuk persahabatan dan kasih sayang terhadap perbedaan kehidupan,”ujar Bupati Dharmasraya Sutan Riska. (rilis)