FIS UNP dan IAS Foundation Jalin Kerjasama Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah Bereputasi

oleh -36 views
oleh
36 views

Padang–Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang (FIP UNP), menerima kedatangan rombongan Irwan Abdullah Scholar (IAS) Foundation dalam kegiatan “Bakti Ramadhan IA Scholar” Chapter Sumatera (6/4). Yayasan yang dipimpin oleh Prof. Irwan Abdullah, Guru Besar Antropologi UGM ini, melakukan kunjungan ke 13 kampus se-Sumatera untuk mengadakan workshop penulisan artikel ilmiah dengan tema; “Breaking Barriers: Strategies for Successful Academic Writing and Publication in International Journal”, mulai tanggal 27 Maret – 30 April 2023.

Workshop yang diselenggarakan di Ruang Sidang Senat lt. 4 Gedung Rektorat UNP tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan dan keterampilan bagi dosen dan mahasiswa untuk publikasi pada jurnal ilmiah bereputasi, khususnya dalam bidang ilmu sosial dengan menggunakan metode kualitatif maupun kuantitatif.

Workshop yang dibuka oleh Dekan FIS UNP Dr. Siti Fatimah M.Pd.,M.Hum, dan dimoderatori oleh Susi Fitria Dewi S.Sos.,M.Si.,Phd ini diikuti oleh mahasiswa dan dosen Fakultas Ilmu Sosial, serta undangan dari UIN Imam Bonjol, Universitas Andalas serta peneliti dari BRIN.

Prof. Dr. Irwan Abdullah membagi workshop ke dalam 3 materi; pertama penelusuran jurnal dan teknik memilih jurnal sesuai dengan tema penelitian. Kedua pentingnya meletakkan standar mutu penulisan artikel dalam template IMRAD CR (Introduction, Method, Result, Discussion, Conclusion and Refference). Ketiga, Prof. Dr Irwan Abdullah juga memberikan contoh bagaimana menuliskan outline artikel yang menggambarkan sistematika paragraf-paragraf dalam artikel. Mulai dari awal hingga akhir kegiatan, peserta antusias mendengarkan dan mendiskusikan materi yang disampaikan oleh Prof. Dr. Irwan Abdullah.

Pada kegiatan workshop ini juga dilaksanakan penandatangan MOU antara Dekan FIS UNP dan IAS Foundation. Dekan Fis berharap agar kerjasama ini dapat menjadi titik tolak bagi seluruh dosen dan mahasiswa dalam meningkatkan kapasitasnya dalam penulisan karya ilmiah bereputasi. “Kegiatan ini menjadi solusi bagi kesulitan para dosen dalam memenuhi tuntutan syarat khusus kenaikan pangkat, baik lektor kepala maupun jabatan guru besar Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang” ujar Dr. Siti Fatimah.(**)