Gandeng BLK Kota Padang, Lapas Alahan Panjang laksanakan Pelatihan Kemandirian Besertifikat

oleh -29 views

Alahan Panjang–Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Alahan Panjang bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Padang gelar pelatihan kemandirian bersertifikasi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Kamis (08/12/2022). Pelaksanaan Pelatihan ini dilakukan selama 15 hari.

Turut hadir dalam Pembukaan ini Fitri Warni, S.H (Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan dan Teknologi Informasi),  Syukria Erik Zainal, S.Sos (Kepala Subbidang Pembinaan, Teknologi Informasi, dan Kerja Sama) beserta rombongan dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat. Pembukaan pelatihan berlangsung di Lapangan Lapas Alahan Panjang pukul 15.00 WIB dan diikuti Seluruh seluruh pegawai dan WBP.

Dalam acara pembukaan pelatihan tersebut Kepala BLK Padang menyampaikan bahwa pelatihan nanti yang dilakukan merupakan modal untuk kembali ke tengah masyarakat setelah bebas nanti.

“Pelatihan ini kita lakukan agar warga binaan pemasyarakatan mendapatkan ilmu yang nantinya menjadi bekal keahlian dalam hidup di masyakarat,” Ujar nya.

Kegiatan pelatihan secara resmi dibuka oleh Kalapas Kelas III Alahan Panjang, Darwan,S.H.,M.H menyampaikan harapannya kepada WBP untuk mengikuti kegiatan dengan serius dan penuh tanggung jawab.

“Silahkan nanti teman-teman mengikuti kegiatan tersebut dengan serius agar kelak ilmu yang diajarkan dapat dipahami dan dipraktikkan mengingat kegiatan ini merupakan peluang yang baik untuk mendapatkan pekerjaan yang layak,” Pesan Darwan.

Dengan menggandeng Balai Latihan Kerja Kota Padang, pelatihan ini mengusung kegiatan utama yaitu meubel. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan WBP Lapas Alahan Panjang mempunyai keterampilan bersertifikasi sehingga setelah menjalani pidana di Lapas Alahan Panjang bisa mendapatkan kesempatan untuk diterima di dunia kerja dan melaksanakan fungsi sosialnya, baik sebagai anggota atau kepala keluarga maupun anggota masyarakat.(**)