Ganefri Santun Pada Ibu

oleh -896 views
Rektor UNP Ganefri
Rektor UNP Ganefri

Padang,—Mantan Ketua Kopertis Wilayah X, Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri, Prof Ganefri, PhD saat ini menjabat Rektor Universitas Negeri Padang, Sabtu  16/12 lalu didapuk mengibarkan bendera star gerak jalan santai dalam rangka HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) UNP ke-18.

Kehadiran Prof Ganefri (54) kelahiran, Payakumbuh, Sumatera Barat, 17 Desember 1963 tak lain dalam rangka menyemarakan HUT DPW UNP sekaligus mengormati peran ibu.

“Ibu-ibu dharmawanita patut kita acungkan jempol, karena mampu menjalankan berbagai peran ganda sekaligus dalam satu waktu. Ia kadang menjadi seorang pengasuh bagi anaknya, namun di waktu yang sama ia pun menjadi seorang koki untuk kebutuhan makan keluarganya,” ujar Prof Ganefri.

Penghormatan Prof Ganefri terhadap kaum ibu tidak sekedar saja, bahkan sampai sekarang mantan dekan FT UNP masih disibukan dengan menghabiskan waktunya melihat ibundanya tercinta. Ketika dalam kesibukannya sebagai Rektor UNP, ia masih menyempatkan diri untuk yang satu ini.

“Saat kita masih kecil hingga kita dewasa orang tua merawat kita dengan penuh kesabaran dan ketelatenan. Saat kita sakit sejak kita bayi hingga dewasa, orang tua menjaga kita siang dan malam,” ujar Prof Ganefri yang bermilad, Ahad 17/12 lalu.

Rektor yang dilantik 20 Juli 2016 ini minimal sekali sepekan ke Payakumbuh. Prof Ganefri selalu memperlakukan orangtuanya sebaik mungkin.

“Sekarang banyak kita temui, anak-anak yang menaruh orang tuanya di panti jompo dikarenakan mereka lebih memilih menghabiskan semua waktu untuk mengejar nafsu duniawi. Sungguh kebanyakan orang tua akan nelangsa dengan perlakuan seperti ini,’ ungkapnya. (agusmardi)