Gaspol, 1000 Pekerja dan 500 Alat Berat Dikerahkan Tuntaskan Tol Pacin

oleh -262 views
oleh
262 views
Gaspool, HKI kerahkan 500 alat berat tuntaskan Tol Pacin, liputan media cheking Tol, Senin, 22/5-2023. (monsis)

Padang– Proyek strategis nasional Sumatera Barat, Tol Padang-Sicincin (Pacin), seakan tak mau kalah dengan provinsi lain. Pengerjaan proyek tol kini terus dikebut.

Hal itu terlihat saat awak media liputan ekslusif melihat secara langsung ke lokasi pengerjaan proyek jalan tol, seksi Padang-Lubuk Alung-Sicincin, Senin 22/5-2023.

Dimulai dari nol kilometer, di Ruas Padang Bypass, ceking media pengerjaan Tol Padang-Sicincin-Kapalo Hilalang.

“Alhamdulillah pembebasan lahan sudah hampir rampung 95 persen dan kita terus kebut pembangunan konstruksi proyek dengan mengerahkan sekitar 1000 tenaga kerja yang full bekerja siang malam tanpa kenal kalender merah, menggunakan 500 alat berat, pokoknya gaspol” ujar Sri Hastuti Hardiningsih (Project Director PT Hutama Karya) selaku Pimpinan Proyek Tol Padang-Sicincin HKI.

Ada tiga point titik yang dikunjungi media yakni point I dari pintu masuk tol (0 km) sampe ke 4,2 km batas jalan tol yang telah selesai diaspal. Lalu point 2 ada rest area yang sudah terbentuk jalannya meski belum diaspal.

“Hal tersebut karena struktur tanahnya memang harus dilakukan preloading. Ada pembebanan dulu sebelum dilakukan tahapan-tahapan berikutnya” jelas Tuti biasa Sri Hastuti disapa kalangan media.

Dan terakhir point 3 adalah exit tol di Sicincin yang masih harus di ratakan/dipangkas lagi sebanyak 5 m.e

Sepanjang perjalanan nampak alat-alat berat hilir mudik bersama pekerja yang fokus di beberapa titik lokasi.

Dari searching mesin pencari google cheking media ke Tol Sumbar tadi itu adalah moment perdana yang diundang ekslusif untuk melihat secara langsung progress pengerjaan jalan Tol Padang-Sicincin mulai dari pintu tol sampai ke exit tol.

Peninjauan lapangan itu supaya publik tahu bahwa pengerjaan Tol di Sumbar sedang dikebut.

HKI targetkan Tol Padang-Sicincin-Kapalo Hilalang hingga exit tol di Tarok City rampung 2024.

Kabarnya pada mudik lebaran idul fitri tahun depan sudah bisa dilewati pemudik.

Jalan Tol Padang – Sicincin ditarget rampung sebelum Lebaran 2024 mendatang. Jalan ini, merupakan 1 dari 6 seksi Jalan Tol Padang–Pekanbaru yang memiliki total panjang 254 km.

Dari 6 seksi, satu seksi, yakni Pekanbaru – Bangkinang telah selesai dan diresmikan Presiden Jokowi. Selain Jalan Tol Padang – Sicincin, saat ini juga tengah dikejar penuntasan seksi Bangkinang–Pangkalan.

Sementara itu, 3 seksi lagi, yakni Sicincin – Bukittinggi, Bukittinggi – Payakumbuh, dan Payakumbuh – Pangkalan, masih dalam perencanaan.

Dari komentar warga dihimpun media ini di sebuah rumah makan di Padang Pariaman, Tol katanya adalah gengsi Sumbar.

“Masak Riau punya tol, kita tidak, malu Sumbar,” ujar Burhan warga di sekitar rumah makan itu, Senin senja tadi. (monsis)