Gelaran IMLF, Satupena Sumbar Disupport Erman Safar

oleh -69 views
Satri Bakry bertemu Wako Bukittinggi, ajang IMLF tahun depan disupport Erman Safar, Jumat 21/10-2022. (satpen)

Bukittinggi – Walikota Bukittinggi Erman Safar mendukung pelaksanaan Internasional Minangkabau Literacy Festival (IMLF) 22-27 Februari 2023.

Alasannya sangat simple yakni gelaran IMLF sejalan dengan program Pemko Bukittinggi yang gencar meningkatkan literasi di tengah masyarakat.

Demikian disebut Walikota Bukittinggi Erman Safad kepada Panutia IMLF Jumat 21/10-2022 di kediaman dinas Wako Bukittinggi.

Erman Safar mengatakan di era pemerintahannya selalu mendorong para guru SD dan SMP untuk menulis.

“Saya beri waktu para guru tersebut untuk menulis apa yang bisa ditulisnya. Hasilnya dikirimkan langsung ke email saya,”ujar Erman Safar.

Erman Safar juga akan memfasilitasi pertunjukan rakyat di kawasan Jam Gadang untuk menjamu delegasi IMLF yang berasal dari berbagai negara. Termasuk dari berbagai provinsi di Indonesia.

Ketua Satupena Sumbar Sastri Bakry, menyebutkan, gelaran IMLF tahun depan itu dipusatkan di komplek PPSDM Kemendagri Regional Bukittinggi diselenggarakan DPD Satupena Sumbar dan Yayasan Sumbar Talenta Indonesia.

Menurut Sastri Bakry, berbagai kegiatan digelar pada IMLF tersebut. Seperti seminar, diskusi paralel dan berbagi pengalaman tentang berbagai topik terkait literasi, workshop kepenulisan (penulisan akademik dan penulisan kreatif), pemeran buku (bookfair), kuliner (foodfair), pertunjukan kesenian dan pelancongan ke berbagai objek wisata.

Peserta IMLF antara lain dari komunitas Satupena seluruh Indonesia, sastrawan, budayawan, seniman dari berbagai negara, profesional terkait literasi, seperti dosen, guru, pustakawan, arsiparis, sejarawan, filolog dan lain-lain. Penggiat literasi, seperti pengelola rumah baca, taman bacaan masyarakat dan sejenisnya, penerbit dan pengelola media, Aparatur Sipil Negara yang mengemban jabatan struktural dan fungsional terkait literasi.

“Degelasi dari negara asing diundang dari Australia, Belanda, Brunei Darussalam, China, Kamboja, Malaysia, Thailand, Singapura, Rusia, Aljazair dan Zimbabwe. Sebagian dari mereka sudah menyatakan kesediaan hadir di IMLF. Kegiatan IMLF juga melibatkan siswa, mahasiswa, sekolah dan komunitas lainnya,”ujar Sastri didampingi Sekretarisnya Armaidi Tanjung.

Dikatakan Sastri, Allhamdulillah hingga kini sudah mendaftar 75 orang peserta dari Aljazair, Brunei, Malaysia, Singapure, Jerman. Beberapa dari Sumsel, Yogyakarta, Lampung, Aceh, dan Sumbar sendiri.

Sebelumnya, Sastri bertemu dengan Kepala UPT Perpustakaan Bung Hatta Nur Karim. Delegasi IMLF sebelum menghadiri pertunjukan rakyat, dijadwalkan mengunjungi Perpustakaan Bung Hatta tokoh proklamator yang juga tokoh literasi.(satpen)