Generasi Minang Harus Mumpuni dan Terkenal

oleh
H Dt Febby (paling kanan) maju Caleg DPR RI dari Dapil Sumbar 2 bertekad jadikan generasi Sumbar hebat dan terkenal, Kamis 13/12 malam saat ngopi dengan wartawan peserta FGD Kemendes PDT di Bukittinggi. (foto: wanteha)

Bukitinggi—Cita-cita dan ambisi seorang H Febby Dt Bangso untuk membangun generasi di Sumatera Barat (Sumbar) kedepan memang sangatlah besar, dirinya berkeinginan besar untuk bisa menciptakan generasi minang yang mampuni, terkenal di nasional bahkan mancanegara.

Hal itu terungkap saat Dt Febby tokoh nasional Bumdes, berbincang santai di Cafe la Brazzo bersama penyair Sumbar, Bung Pinto Janir dan pimpinan harian Rakyat Sumbar Revdi Iwansyah Putra, serta mantan pimpred Harian Rakyat  Sumbar Sonialis, Kamis 13/12 malam di Kota Bukittinggi.

Ada tiga hal pokok untuk mewujudkan anak nagari Sumbar yang hebat dan handal. pada pemikiran seorang Datuk Febby.

“Yakni menciptakan generasi minang kedepan bagaimana bisa menjadi diplomat ulung, saudagar handal, dan ulama yang santun,”ujar Febby.

Dan bagaimana generasi muda bisa mengolah imajinasi untuk bisa menjadi sebuah gagasan atau ide menuju cita-cita diri serta kata Febby obsesi untuk mengentaskan desa tertinggal menjadi desa yang maju dan berkualitas dimulai dari generasi di desa.

“Jika diamati memang betul apa yang terjadi saat ini dan tampak dimana setiap tokoh dan anggota dewan mewakili daerah pemilihan Sumatera Barat yang duduk dikursi DPR-RI maupun DPD selalu silih berganti bahkan ada sebagian dari mereka yang bertahan tapi program dan janji yang mereka berikan pada daerah seperti hilang begitu saja hingga tiba pula lagi masa berjanji dengan program yang baru,”ujar Febby tercatat sebagai Caleg DPR RI PKB Sumbar 2 untuk Pemilu 2019.

Juga kata Febby tak dipungkiri setiap program dan janji yang selalu digaungkan para calon-calon tersebut sebelum menjabat memang teramat manis dan membuaikan masyarakat didaerah pemilihan masing-masing yang kadang jauh dari kenyataan.

Dan kata Pinto janir, hadirnya Febby di bursa Caleg DPR RI tentu beda, apalagi  sebagai Staf khusus Kemendes PDTT banyak janji ditunaikannya untuk nagari dan desa di Sumbar.

“Dt Febby beda, tidak janji-janji, tapi berbuat langsung, bukti nyata dengan  membawa program-program kerja nyata dari pemerintah pusat ke Sumatera Barat untuk membangun Nagari,”ujar Pinto.

Sudah ratusan nagari atau desa yang merasakan sentuhan dari seorang Datuk Febby bagaimana sebuah desa yang dulunya belum berkembang dan termanfaatkan kini berkat program yang dibawa olehnya banyak nagari / desa yang telah maju secara signifikan.

Febby pun berandai-andai jikalah dirinya diamanahkan nanti dan duduk menjadi anggota dewan di Senayan Datuak Febby akan mewujudkan semua keinginanya yang selama ini menjadi cita-citanya untuk membangun Nagari, dengan memakai metode begitu hebat yaitu, akan memberikan bea sisiwa kepada beberapa orang pemuda dan pemudi tiap-tiap nagari di Sumatera Barat.

Mengakui dirinya terinspirasi dari tokoh-tokoh pendahulu Indonesia, dimana sebagian besarnya menjadi penentu berdirinya negara ini diisi oleh tokoh Minang yang berasal dari Sumatera Barat.

“Siapa yang tak kenal dengan nama Bung Hatta, M.Yamin,Sutan Syahrir, H.Agussalim mereka itu diplomat handal yang disegani bahkan dunia mengakui” terang Febby suatu ketika dalam perbincangan malam itu.

Keinginan besar dan cita-citanya pada generasi-generasi di Minangkabau, untuk menciptakan tokoh-tokoh dari Sumbar yang berbuat bagi daerah dan bagi bangsa,

“Bagaimana pun harapan harus selalu ada untuk generasi minang hebat dikancah nasional bahkan hebat di kancah internasional juga turut menentukan perjalanan sejarah bangsa ini,”ujar Febby. (*/wanteha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *