Geopark Silokek Amazing, Destinasi Baru Wisata Sumbar

oleh -290 views
Sijunjung

Padang,—Satu lagi destinasi baru wisata yang segera amazing dan bakal menjadi magnit turis dunia. Geopark Silokek terketak di bagian Timur Sumatera Barat (Sumbar) tepatnya di Kecamatan Sijunjunh Kabupaten Sijunjung. Amazingnya Silokek kampung kecil di dalam lembah dikelilingi bukit berbatuan berusia 300 tahun lebih. Waooo.

Konon deskripsinya, Silokek bakal mengalahkan amazing-nya Ngarai Sianok dan Lembah Harau. Karena di Silokek yang telah menjadi Geopark Nasional, sebentar lagi akan dibrevet menjadi Geopark Internaisonal oleh Unesco memiliki perpaduan wisata yang diincar wisatawan asing datang ke sana.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno medeskripsikan Geopark Silokek bak kepingan syorga jatuh ke bumi.

“Silokek waooo, kawasan itu punya keindahan alam nan eksotik yang merupakan warisan geologi dan budaya serta memiliki keragaman fauna dan flora. Salah satu pemandangan yang menarik di Geopark Silokek yaitu aneka batuan yang terdiri dari kelompok batuan gamping, sedimen, metamorf, dan granit,”ujar Irwan Prayitno beberapa waktu lalu dikutip dari republik.co.id.

Kata Irwan Prayitno secara geologis bebatuan di Silokek berumur kurang lebih 359 juta tahun. Irwan menyebut kehadiran Geopark Silokek melengkapi dua Geopark yang lainnya yang sebelumnya sudah ada di Sumbar, yakni Geopark Ngarai Sianok di Kabupaten Agam dan Geopark Sawahlunto di Kota Sawahlunto. Tentunya menjadikan Sumbar destinasi lariwisata utama Indonesia.

Dikatakan Geopark karena Sikokek merupakan kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi di mana masyarakat setempat juga berperan untuk melindungi dan meningkatkan fungsinya.

Saat ini, Indonesia telah memiliki dua geopark dengan status UNESCO Global Geopark, yakni Geopark Batur (Batur UNESCO Global Geopark) di Bali dan Geopark Gunung Sewu di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Sementara itu, Sumbar memiliki Silokek, Ngarai Sianok-Maninjau. Geopark Sawahlunto yang  yang baru mendapatkan status sebagai Geopark Dunia.

Sementara di tempat terpisah penggiat pariwisata Sumbar sekaligus pemilik Lawang Park Muhammad Zuhrizul mengatakan, akhir tahun nanti Geopark Ranah Minang Silokek bakal memberikan kejutan eksistensi sebagai amazing destinasi baru wisata di Sunbar.

“Kolaborasi penggiat pariwisata, Pemkab Sijunjung dan Pemprov Sumbar serta pemerintah pusat, Desember 2019 menggelar Festival Silokek dengan sebutan Geopark Silokek Fest,”ujarnya.

Kata Zuhrizul, pada Geopark Silokek Fest 2019 terdapat beberapa konten yang akan membetot keinginan pengggila wisata datang ke Silokek.

“Ada berbagai festival digelar disana bahkan tak hanya menikmati view, tapi juga budaya dan olahraga exstrem, nah apa lagi catat bulan pelaksanaan Geopark Silokek Fest, Ayo ke Silokek,” ujar Zuhrizul. (own/kutip)