Gerindra Tetap Cagubkan Nasrul Abit

oleh -568 views
oleh
568 views
Wagub Sumbar Nasrul Abit juga tokoh keterbukaan informasi publik 2019, masih prioritas Cagub Gerindra. (foto: dok)

Padang,—Digusur dari Ketua Partai Gerindra Sumbar tidak berarti pintu Gerindra terturup bagi Wagub Sumbar Nasrul Abit diusung jadi Cagub pada Pilkada Sumbar 2020.

Komitmen politik itu disampaikan Ketua Gerindra Sumbar sekaligus Anggota DPR RI Andre Rosiade kepada oers Rabu 18/12 malam di Hotel Mercure Padang.

Kapalpesiar Partai Gerindra notebenenya partai pemenang Pemilu 2019 di Sumbar, pasti jadi rebutan banyak tokoh calon gubernur (Cagub).

Apalagi peroleh 14 kursi di DPRD Sumbar, tentu partai besutan Prabowo Subianto ini bisa mengusung calon sendiri tanpa harus berkoalisi dengan partai lain.

Untuk pencalonan di Pilkada Sumbar 2020, Partai Gerindra jauh-jauh hari telah membentuk tim penjaringan dan bahkan sudah ada calon yang mendaftar. Meski begitu, Andre Rosiade tegaskan Gerindra tetap memprioritaskan pada Nasrul Abit untuk diusung sebagai Cagub Sumbar.

“Partai Gerindra tetap memprioritaskan Pak Nasrul Abit untuk diusung sebagai Cagub Sumbar 2020 nanti,” ujar Andre Rosiade.

Andre, Anggota Komisi VI DPR RI, mengungkapkan, setidaknya ada tiga alasan kuat kenapa Gerindra memprioritaskan Mengusung Nasrul Abit. Pertama, Nasrul Abit merupakan kader Gerindra. Kedua, Nasrul Abit adalah mantan Ketua DPD Gerindra Sumbar dan ketiga, Nasrul Abit masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Sumbar.

“Karena, kita berkewajiban memprioritaskan Pak Nasrul Abit untuk diusung dan memenangkannya,” ujar Andre yang baru seminggu lalu memggantikan Nasrul Abit sebagai Ketua Gerindra Sumbar.

Ditambahkan Andre, waktu pencalonan masih panjang. Sebagai partai pemenang Pemilu di Sumbar, Gerindra tentunya punya target menang di Pilgub Sumbar. Karena itu, sesuai mekanisme partai, Gerindra juga akan melakukan survei terhadap calon yang telah mendaftar ke Geeindra.

“Keputusan terakhir terhadap siapa yang akan dicalonkan dari Gerindra, kewenangannya ada di tangan DPP. Kita dari DPD Gerindra Sumbar hanya sampai mengusulkan, keputusannya ada sama DPP,” jelas Andre.

Andre berkeyakinan, Partai Gerindra akan mampu memenangkan pilkada Sumbar 2020. Andre berjanji akan menggerakkan semua mesin partai untuk memenangkan calon yang ditetapkan DPP nanti.

“Target kami menang. Karena itu, setelah ada keputusan DPP soal siapa yang dicalonkan sebagai Cagub Sumbar dari Gerindra, maka saya akan menggenjot mesin partai di semua DPC di Sumbar untuk memenangkannya,” ujar Andre.

Namun rumor politik berkembang sepertinya khans kader lain maupun non kader masih terbuka lebar di Gerindra.

Malah Edriana SH MH diperkirakan menyalip Nasruk Abit dari Cagub Gerindra Sumbar, apalagi Edriana selain kuat di akar rumput pemilih Sumbar, tokoh pejuang kesetaraan gender nasional itu dikenal dekat dengan  keluarga Prabowo Subianto dan Calon Ketum Gerindra Sandiaga Uno.

Juga tokoh legislator nasional asal Sumbar Mulyadi, infonya juga siap menjadi penumpang VVIP kapalpesiar Partai Gerindra Sumbar untuk berlayar di lautan gahar Pilkada Sumbar 2020.(iko)