Gubernur ke Pasar, Harga Kebutuhan Pokok di Padang Masih Stabil

oleh -442 views
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno ke pasar di Padang, IP tidak belanja tapi pantau harga kebutuhan pokok (foto: humas-padang)

Padang,—Ramadhan harga bahan pokok naik bagi warga Padang mungkin sudah setiap tahun mengalaminya.

Tapi untuk Ramadhan sekarang, ternyata, sampai pertengahan bulan puasa, harga kebutuhan pokok justru stabil.

“Allhamdulllah, sampai Selasa kemarin harga kebutuhan pokok stabil,”ujar Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang turun ke pasar di Padang, Selasa 29/5 kemarin.

Gubernur turun bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia wilayah Sumatera Barat Endy Dwi Tjahjono melakukan peninjauan ke Pasar Raya Padang dan Pasar Alai, Tim melakukan peninjauan terhadap beberapa komoditi pangan strategis seperti beras, cabai merah, telur dan daging ayam, daging sapi dan sebagainya.

“Dari hasil pemantauan yang telah dilakukan, terpantau secara umum bahan kebutuhan pokok masih cukup stabil, baik pasokan maupun harga,” ujar Irwan Prayitno.

IP biasa sapaan Gubernur Sumbar ini, mengimbau masyarakat untuk tidak berlebih-lebihan dan tetap tenang. Bahan kebutuhan pokok selama bulan puasa hingga lebaran mendatang masih sangat mencukupi.

Meskibada ditemukan harga naik, seperti telur ayam, menurut Kepala Perwakilan BI Sumatera Barat Endy Dwi Tjahjono masih bersifat temporer. Pada dasarnya, pasokan dan ketersediaan telur ayam mencukupi.

“Memang beberapa waktu ini telur ayam mengalami kenaikan, namun itu hanya temporer karena pengaruh “supply and demand”. Persediaan mencukupi dan distribusi pasokan masih cukup lancar,”ujarnya.

Inspeksi mendadak (Sidak) pasar ini, terangnya, merupakan upaya Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sumatera Barat memantau stabilitas harga pangan. Hal ini diperlukan agar situasi harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok untuk masyarakat mencukupi.(rilis : humas-padang)