Gubernur Temu Bisnis dengan Italian Trade Agency (ITA)

oleh
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno pertemuan dengan ITA di Milan Italia, Kamis 6/12 (foto: humas-sumbar)

Reportase Kunker Gubenur ke Italia

Milan, Italia,—Kunjungan Kerja rombongan Pemerintah Provinsi Sumbar hari ke dua ke Milan Italia, Kamis, 6/12 dipimpin langsung oleh Gubernur Irwan Prof Irwan Prayitno yang didampingi Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama Kemendagri Nelson Simanjuntak.

Rombongan Sumbar di Italia, diundang oleh Italian Trade Agency (ITA), sebuah institusi yang mirip dengan Badan Promosi Daerah di Indonesia untuk penjajakan kerjasama dibidang trading and investment.

Rombongan disambut oleh Institusional Relations ITA, Giancarlo Lamio beserta anggotanya di gedung Corso Magenta, Milan.

Diskusi yang dipandu atase Perdagangan RI di Milan Sumber Sinarmata yang didampingi Anggraini dari ITPC Milan, membicarakan tentang peluang kerjasama perdagangan dan UMKM (trading and investment) dibidang renewable energy, kuliner, tourism, agriculture, seperti cacao, CPO, coffee, perikanan dan lain-lain.

Gubernur Sumbar yang didampingi Kadis Perindag Asben Hendri dan rombongan, mempresentasikan tentang peluang kerjasama dan investasi di Sumbar dimaksud. Sumbar sangat terkenal dengan wisatanya, kulinernya, kopi, coklat, perikanan dan lain-lain, dipandang perlu dikerjasamakan dengan Milan karena banyak kesamaan topografie daerah.

Suasana pertemuan bisnis Pemprov Sumbar dengan ITA. (foto: humas-sumbar)

Gianlarco Lamio dari ITA Milan juga memaparkan potensi dari Milan yang berpeluang dikerjasamakan dengan Pemprov Sumbar. Milan sangat tertarik dengan kopi, coklat dan kuliner dari Sumbar.

Disepakati akan ditindaklanjuti dengan one on one meeting antar pelaku usaha kedua belah fihak yang nantinya akan dikuatkan dalam bentuk MoU.

Dijamu Walikota Trento

Pada hari sebelumnya (6/12) rombongan Pemprov Sumbar dijamu makan malam oleh Walikota Trento. Dalam acara makan malam tersebut, Gubernur Irwan memperkenalkan Randang Padang kepada pemerintah kota Trento.

Decak kagum dari Walikota Trento diberikan kepada rasa Randang yang menurut mereka adalah sangat luar biasa.

“Saya baru kali ini mencoba Randang masakan asli Sumbar Indonesia, ternyata memang sangat enak. Sangat pantas Randang diberikan predikat sebagai makanan terlezat di dunia. Saya telah dengar namanya dari CNN review, namun baru kali ini kami merasakan nikmatnya Randang” ungkap Walikota Trento.

Delegasi Pemprov Sumbar yang terdiri dari Kadis PMD, Kadis Perindag, Kadis Kebudayaan, Kadis PM PTSP, Biro Pembangunan Kerjasama dan Rantau serta Kepala Biro Humas yang dipimpin oleh Gubernur Irwan Prayitno melakukan kunjungan kerja ke Italia mulai tanggal 3 Desember sampai 9 Desember 2018, dengan agenda antara lain misi kerjasama perdagangan, promosi budaya dan pariwisata, penjajakan kerjasama investasi dan pendidikan.*(rilis: humas-sumbar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *