Guspardi Gaus: Ayo Masyarakat Manfaatkan Program Sertifikat Tanah Melalui PTSL

oleh -197 views
oleh
197 views
Guspardi Gaus ajak masyarakat manfaatkan program sertifikat tanah, Senin 20/3-2023. (faj)

Padang,—Anggota Komisi II DPR RI Gusaprdi Gaus meminta masyarakat dapat memanfaatkan program yang tengah gencar dilakukan Kementerian ATR/BPN tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

PTSL adalah program yang sudah berjalan sekitar lima tahun dan diatur dalam Instruksi Presiden (Inpres) No. 2 Tahun 2018. Dimana PTSL adalah proses pendaftaran tanah pertama kali dan tidak dipungut biaya alias gratis.

Sosialisasi program yang terselenggara berkat kerjasama dan kolaborasi antara Komisi II DPR RI bersama Kementrian ATR/BPN.

“Itu bentuk aktualisasi visi dan misi Presiden Joko Widodo yang menginginkan sertifikasi tanah dapat berjalan secara seksama, menyeluruh dan masif untuk masyarakat di seluruh Indinesia melalui Program PTSL,”ujar Guspardi saat menjadi Narasumber acara ‘sosialisasi Program Strategis Kementerian ATR/BPN’ di Pengeran Beach Hotel, Padang, Senin 20//3-2023.0

Menurutnya manfaat PTSL bagi masyarakat di antaranya memberi kepastian dan perlindungan hukum sehingga memberikan rasa aman dan jaminan kepastian hukum mengenai subjek, objek dan hak atas tanah.

“Kemudian, meminimalkan terjadinya sengketa konflik dan perkara pertanahan, seperti pendudukan tanah secara liar atau sepihak, sengketa tanda batas dan lain sebagainya,” ujar Politisi PAN

Legislator Dapil Sumatera Barat 2 itu menambahkan dengan telah di sertifikatkannya tanah bisa dimanfaatkan menjadi salah satu pendamping modal usaha produktif. Juga mendorong aset yang hidup (bankkable), sehingga akses terhadap permodalan lebih mudah.

Di lain sisi, bagi maasyarakat yang tanahnya belum terdaftar atau bersertifikat, mulai dari sekarang memasang patok tanda batas tanahnya agar memudahkan petugas ukur dari Kementerian ATR/BPN melakukan pengukuran dalam rangka Program PTSL,sambung Pak GG ini

Oleh karena itu, diharapakan kepada peserta sosialisi yang terdiri dari berbagai tokoh masyarakat, Ketua Adat,,Walinagari dan tokoh pemuda yang hadir agar dapat membantu mensosialisasikan program PTSL ini di lingkungan sekitarnya.

“Masyarakat harus diberi pemahaman betapa pentingnya melakukan sertipikat atas tanah. Supaya setiap jengkal tanah di mana pun dan bagaimanapun kondisinya harus didaftarkan untuk mendapatkan sertifikat sebagai tanda bukti kepemilikan tanah yang sah bagi masyarakat,” pungkas anggota Baleg DPR RI tersebut.

Acara sosialisasi ini juga dihadiri 5 orang dari Kementruan ATR BPN pusat. Dari Kanwil Sumbar hadir Kepala Kanwil ATR/ BPN Sumbar (Syaiful ) beserta jajaran. Kemudian Kepala Kantor Pertanahan ATR/ BPN Kota Padang dan Kabupaten Agam.

Sebelum pemaparan program strategis Kemntrian ATR) BPN, Guspardi Gaus sebagai anggota komisi II DPR RI juga menyerahkan sertipikat tanah yang sudah selesaimelalyi program PTSL kepada 10 warga masyarakat yang berasal dari Kabupaten Agam.(faj)